KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SAMSAT DI KABUPATEN TEGAL

Tri, Kistanti (2010) KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SAMSAT DI KABUPATEN TEGAL. Undergraduate thesis, Fisip Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
14Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauhmana tingkat kepuasan masyarakat ketika melakukan proses pelayanan di kantor SAMSAT Kabupaten Tegal. Dan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan petugas SAMSAT Kabupaten Tegal kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif kualitatif agar dapat diperoleh keunggulan dari masing-masing metode. Dimana survey dilakukan kepada masyarakat sebagai wajib pajak dan beberapa petugas SAMSAT Kabupaten Tegal. Data yang diperoleh didapat secara kuantitatif dengan menyebar angket/ daftar pertanyaan kepada masyarakat yang mana disini sebagai wajib pajak dan kepada petugas pemberi pelayanan. Kemudian diolah dengan teknik pengolahan data seperti membuat tabel (tabulasi) untuk memudahkan pembaca memahami data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan petugas SAMSAT Kabupaten Tegal cukup memuaskan, tetapi tanpa menjunjung tinggi nilai keadilan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kepuasan diperoleh dengan jalan yang tidak formil, kepuasan masyarakat diperoleh dengan cara membayar sejumlah uang kepada oknum petugas. Akan tetapi masyarakat merasa puas dan terselesaikan urusannya ketika mengurus pajak kendaraan bermotor mereka di kantor SAMSAT Kabupaten Tegal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:15527
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Jul 2010 15:06
Last Modified:06 Jul 2010 14:01

Repository Staff Only: item control page