HUBUNGAN KEADAAN RUMAH DENGAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (ISPA) PADA BALITA DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Kelurahan Genuksari dan Kelurahan Sekaran)

ROZALI, AGUS (2000) HUBUNGAN KEADAAN RUMAH DENGAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (ISPA) PADA BALITA DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Kelurahan Genuksari dan Kelurahan Sekaran). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
27Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Dari seluruh kematian balita, proporsi kematian yang disebabkan oleh ISPA mencakup 20-30%, tertinggi yaitu di Genuksari yaitu 13.112 kasus dan terendah di Kelurahan Sekaran yaitu 671 kasus. Tujuan penelitian adalah untuk melihat hubungan keadaan rumah dengan kejadian infeksi saluran pernafasan pada balita di Kelurahan Genuksari dan Kelurahan Sekaran. Penelitian ini merupakan penelitian confimatorry dengan pendektan cross sectional, populasi adalah ibu yang mempunyai balita di dua daerah penelitian, total sampel 224 responden. Pengambilan data dengan observasi dan pengukuran, analisis dengan cara deskripsi dan untuk mengetahui hubungan dengan cara pengujian statistik dengan program SPSS 6.0. perhitungan dengan Chi Square luas ventilasi, luas ventilasi kamar balita, pencahayaan alami, keadaan lantai, keadaan dapur, kelembaban, ratio jumlah penghuni tidak ada hubungan dengan kejadian ispa didua daerah penelitian dan keadan dinding dan keadaan langit-langit ada hubungan dengan kejadian ISPA. Luas daerah penelitian di Genuksari 244,5Ha dengan jumlah penduduk 9843 orang sedangkan di Kelurahan Sekaran luas wilayah 490,718 Ha dengan jumlah penduduk 6013 orang, dari hasil penelitian yang mempunyai hubungan keadaan rumah dengan kejadian infeksi saluran pernafasan akut adalah faktor dinding dan langit-langit. Saran untuk penelitian selanjutnya supaya lebih spesifik melihat keadaan rumah misalnya luas ventilasi saja atau faktor pencahayaan saja serta kemungkinan variabel pengganggunya. Kata Kunci: KEADAAN RUMAH, ISPA

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:15514
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:01 Jul 2010 14:34
Last Modified:01 Jul 2010 14:34

Repository Staff Only: item control page