HUBUNGAN PRAKTIK MANAJEMEN LABA DENGAN REAKSI PASAR ATAS PENGUMUMAN INFORMASI LABA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA

WAHYUNINGSIH, DWI RETNO (2007) HUBUNGAN PRAKTIK MANAJEMEN LABA DENGAN REAKSI PASAR ATAS PENGUMUMAN INFORMASI LABA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
304Kb

Abstract

Laporan keuangan merupakan sarana yang penting bagi investor untuk mengambil keputusan investasi di pasar modal. Publikasi laporan keuangan yang mempunyai kandungan informasi relevan untuk pengambilan keputusan akan direaksi oleh para pelaku pasar. Tetapi, banyak investor dan pemakai laporan keuangan lain tidak memperhatikan proses penyusunan laporan keuangan, sehingga memicu timbulnya disfunctional behaviour berupa praktek manajemen laba (earning management). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa ada tidaknya perbedaan reaksi pasar antara : 1) perusahaan yang melakukan manajemen laba dengan yang tidak melakukan manajemen laba; 2) perusahaan yang mempunyai akrual diskresioner menurunkan laba dengan yang mempunyai akrual diskresioner menaikkan laba; serta 3) antara perusahaan besar yang melakukan manajemen laba dengan perusahaan kecil yang melakukan manajemen laba. Populasi dari penelitian ini adalah 142 perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ selama periode 2002-2004. Dengan menggunakan metode purposive sampling diperoleh 54 perusahaan sebagai sampel akhir untuk setiap periodenya. Hasil penelitian menggunakan two independent samples test Kolmogorov-Smirnov Z menunjukkan bahwa pada tingkat signifikansi 5% tidak terdapat perbedaan reaksi pasar antara : perusahaan yang melakukan manajemen laba dengan perusahaan yang tidak melakukan menajemen laba (Z=-0,592 sign=0,875); dan antara perusahaan yang mempunyai akrual diskresioner menaikkan laba dengan perusahaan yang mempunyai akrual diskresioner menurunkan laba (Z=0,945 sign=0,333). Sedangkan reaksi pasar antara perusahaan besar yang melakukan manajemen laba dengan perusahaan kecil yang melakukan manajemen laba adalah berbeda dengan nilai Z Kolmogorov-Smirnov sebesar 1,480 dan probabilitas signifikansi 0,025 Financial report is an important factor for inventors to make investment decision in capital market. Publicly financial report which has relevant information will be reacted by market player. Many investors and other users of financial report do not pay attention to the process of publishing financial report, so it pushes the emergence of dysfunctional behaviours like earning management practices. The research aims to analyze the difference of market reaction between : 1) earning management companies and non-earning management companies; 2) income-decreasing discretionary accruals companies and income-increasing discretionary accruals companies; and 3) earning management big companies and earning management small companies. Population of this research is 142 manufactured companies listed in JSX during 2002-2004. Using purposive sampling method, 54 companies were taken to become final samples for each period. The result with two independent samples test Kolmogorov-Smirnov Z (sign 5%) shows that there was no difference of market reaction between earning management companies and non-earning management companies (Z=-0,592 sign=0,875), and neither was there between incomedecreasing discretionary accruals companies and income-increasing discretionary accruals companies (Z=0,945 sign=0,333). In otherwise, the result shows that there was significant difference of market reaction between earning management big companies and earning management small companies (Z=1,480 sign=0,025).

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Accounting
ID Code:15491
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:01 Jul 2010 12:15
Last Modified:01 Jul 2010 12:15

Repository Staff Only: item control page