MEMBANGUN STRATEGI DIFERENSIATIF MELALUI SUMBER DAYA POTENSIAL PERUSAHAAN UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING YANG BERKELANJUTAN (STUDI KASUS PADA INDUSTRI JASA PENGECATAN DI SEMARANG)

Purwanto, Didik (2006) MEMBANGUN STRATEGI DIFERENSIATIF MELALUI SUMBER DAYA POTENSIAL PERUSAHAAN UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING YANG BERKELANJUTAN (STUDI KASUS PADA INDUSTRI JASA PENGECATAN DI SEMARANG). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
250Kb

Abstract

Penelitian ini didasari dari beragam pandangan peneliti terdahulu, menganalisis pengaruh antara variable-variabel inovasi, budaya organisasi, pembelajaran organisasi, orientasi pasar, strategi diferensiatif, dan keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Keunggulan bersaing yang berkelanjutan dapat memberikan keuntungan dimasa yang akan datang untuk merebut pasar yang ada. Keunggulan bersaing yang berkelanjutan dapat dibangun melalui optimalisasi keunggulan diferensiatif. Hal tersebut dilakukan dengan menerapkan serangkaian tindakan integrative yang dirancang untuk menghasilkan barang yang unik. Strategi diferensiatif dapat diperoleh melalui sumber daya potensial yang dimiliki perusahaan, yang antara lain adalah inovasi, budaya organisasi, pembelajaran organisasi, dan orientasi pasar. Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan model mengenai membangun strategi diferensiatif melalui sumber daya potensial perusahaan untuk mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Alat pengujian statistik yang digunakan adalah structural equation modeling (SEM), adapun alat bantu untuk menjalankan teknik SEM tersebut adalah AMOS 4.01. Model penelitian ini diuji pada industri jasa pengecatan mobil yang berada di Semarang dengan membangun lima hipotesis yang relevan sesuai dengan literature dan penelitian terdahulu. Responden dalam penelitian ini adalah pimpinan dari masing-masing perusahaan jasa pengecatan mobil yang dijadikan sample penelitian yang berjumlah 100 perusahaan. Berdasarkan model secara simultan dapat diketahui bahwa seluruh criteria kelayakan model telah dapat terpenuhi. Setelah diketahui model good fit maka tahap selanjutnya adalah menguji nilai critical ratio dan signifikansi berada pada cut of value. Dengan bukti empiris tersebut maka dalam rangka meningkatkan keunggulan bersaing yang berkelanjutan, perusahaan perlu membangun strategi diferensiatif melalui sumber daya potensial perusahaan berupa inovasi, budaya perusahaan, pembelajaran organisasi, dan orientasi pasar.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:15477
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:01 Jul 2010 10:58
Last Modified:01 Jul 2010 10:58

Repository Staff Only: item control page