STRATEGI PENINGKATAN IKLIM INVESTASI DAERAH (STUDI PENERAPAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY/ICT DI PEMERINTAH KABUPATEN SRAGEN)

Ammirudin, Khoiri (2010) STRATEGI PENINGKATAN IKLIM INVESTASI DAERAH (STUDI PENERAPAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY/ICT DI PEMERINTAH KABUPATEN SRAGEN). Undergraduate thesis, Fisip Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
22Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan bagaimana kondisi iklim investasi di Kabupaten Sragen dengan berbagai faktor yang mempengaruhi khususnya faktor penerapan teknologi informasi dan komunikasi (Information and Communication Technology/ICT) dalam perannya sebagai strategi peningkatan iklim investasi di Kabupaten Sragen. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam menggambarkan keadaan iklim investasi di Kabupaten Sragen ditinjau dari berbagai faktor seperti kondisi ekonomi makro, kelembagaan, politik dan regulasi, sosial budaya, infrastruktur serta teknologi informasi dan komunikasi. Pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara, dan observasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sragen serta penelahan terhadap dokumen tertulis yang berkaitan dengan masalah penelitian. Selanjutnya dilakukan analisis TOWS terhadap faktor penerapan teknologi informasi dan komunikasi/ICT di Pemerintah Kabupaten Sragen untuk memperoleh beberapa isu strategis dalam peningkatan iklim investasi di Kabupaten Sragen. Berkenaan dengan dampak atau hasil dari strategi tersebut maka perlunya mengetahui data perolehan investasi yang masuk di Kabupaten Sragen secara serius tahun 1998-2002 atau sebelum menerapkan ICT dan tahun 2003-2007 atau setelah menerapkan ICT. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi iklim investasi di Kabupaten Sragen cukup baik, dilihat dari keadaan ekonomi makro yang relatif stabil, situasi politik regulasi demikian kondusif serta keadaan sosial budaya masyarakat begitu ramah, dan penerapan ICT sudah cukup maju. Selain itu didukung oleh kelembagaan yang terstrukur dengan baik melalui Badan Perijinan Terpadu (BPT) dalam memberikan layanan terpadu dan sistem online. Kemudian berkaitan dengan dampak setelah menerapkan ICT, ternyata memberikan realisasi pemasukan investasi yang lebih baik dibandingkan dengan penerimaan investasi ketika sebelum menerapkan ICT. Meskipun memberikan peningkatan tidak begitu signifikan, akan tetapi dengan adanya ICT tersebut dapat mendorong pemasukan investasi di Kabupaten Sragen setiap tahunnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:15455
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:01 Jul 2010 08:27
Last Modified:06 Jul 2010 14:05

Repository Staff Only: item control page