FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP STRATEGI INTEGRASI DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA RETAIL LENSA HOYA DI SEMARANG)

Pratiwi, Budi (2006) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP STRATEGI INTEGRASI DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA RETAIL LENSA HOYA DI SEMARANG). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
347Kb

Abstract

Hubungan (relationship) dengan perusahaan lain merupakan bagian dari strategi pemasaran yang penting, karena hal ini merupakan strategi jangka panjang yang sangat penting bagi perusahaan dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Terganggunya hubungan akan membawa akibat yang kurang baik bagi perusahaan karena itu pemeliharaan hubungan perlu dilakukan sebagai usaha menjaga strategi integrasi (Johnson,1999). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari faktor-faktor kepercayaan, ketergantungan dan harapan kelangsungan hubungan terhadap strategi integrasi dalam upaya peningkatan kinerja perusahaan pada retail Lensa Hoya di Semarang. Untuk menguji hipotesis-hipotesis tersebut maka dilakukan penelitian dengan menyebarkan 100 kuesioner yang menjadi populasinya adalah semua retail yang terdaftar resmi sebagai penjual lensa merk Hoya di Semarang. Data-data tersebut kemudian dianalisis dengan alat analisis SEM dari AMOS 4.01 untuk menguji hubungan kausalitas dari hipotesis-hiptesis tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil implikasi teoritis bahwa penelitian ini memberi justifikasi tambahan dari beberapa anteseden yang mempengaruhi strategi integrasi secara positif yaitu kepercayaan, ketergantungan dan harapan kelangsungan hidup. Implikasi manajerial yang dapat diberikan adalah untuk memberikan perhatian lebih pada harapan kelangsungan hubungan, karena variabel ini merupakan hal yang paling dominan dalam mempengaruhi strategi integrasi. The relationship with others companies is a part of important marketing strategy, because relationship is long term strategy which important for company to increasing company performance. Disturbing of this relation will give bad impact because of this need to relationship maintaining to do as effort to keeping integration strategy. The purpose of this research is to analyze the effect of believing, dependence and continuity expectation to strategic integration toward increasing company performance in Hoya’s lens retail. To test the hypothesis research use 100 questioner in this study, the population in this research is Hoya’s lens retail in Semarang. The data is then analyzed by means of SEM of AMOS 4.01 to test the causality relation of hypothesis. From result of the analysis have fulfilled criteria so that can be told this model competent to be used. Based on the results of the research could be taken theoretical implication that this research give more justification from antecedents influencing integration strategy, i.e. : believing, relationship quality and continuity expectation. Managerial implication of this research is a suggestion to managers to pours more attention dependence because this factor is the most dominant factor to integration strategy. Several limitations and agenda for future research are stated in the last part of this research.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:15438
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:30 Jun 2010 15:51
Last Modified:30 Jun 2010 15:51

Repository Staff Only: item control page