FUNDAMENTALISME ISLAM FRONT PEMBELA ISLAM SURAKARTA (ANALISIS TENTANG FENOMENA NEGARA YANG LEMAH DAN PENGARUH INTERNASIONAL)

Miftahus Salam, Aget (2010) FUNDAMENTALISME ISLAM FRONT PEMBELA ISLAM SURAKARTA (ANALISIS TENTANG FENOMENA NEGARA YANG LEMAH DAN PENGARUH INTERNASIONAL). Undergraduate thesis, Fisip Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
18Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan gerakan fundamentalisme keagamaan yang muncul di kota Surakarta sebagai gerakan keagamaan yang merespon atas rendahnya negara menegakkan hukum dan politik standar ganda yang diterapkan Amerika Serikat di Timur Tengah yang dinilai ikut campur dalam masalah negara Muslim. Gerakan tersebut terkadang mengekpresikan kekecewaannya dengan kekerasan sebagai jalan menuju Amar Maruf Nahi Mungkar. Oleh karena itu penelitian ini berjudul “Fundamentalisme Islam Front Pembela Islam Surakarta (Analisis Tentang Fenomena Negara yang Lemah dan Pengaruh Internasional). Penelitian ini menggunakan pendekatan analitis terhadap Ormas Islam FPI Surakarta. Untuk memperoleh akses langsung terhadap obyek yang diteliti, penelitian ini melakukan observasi langsung terhadap markas FPI di Surakarta. Tipe penelitian ini yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif-analitis karena mempunyai tujuan untuk mengetahui fenomena sosial serta mendeskripsikan secara rinci fenomena tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ormas Islam FPI merupakan gerakan fundamental yang muncul sebagai perlawanan terhadap hegemoni negara dengan terjadinya krisis multi dimensi yang menimpa negeri ini. Tujuannya adalah menyeruakkan atau membuat wacana kritikan yang menawarkan alternatif di dalamnya. Bahwa respon FPI terhadap euforia kebebasan pasca reformasi, yakni terbentuknya gerakan Islam fundamental sebagai wadah untuk menumbuhkan kekuatan Muslim dalam menyikapi kondisi sosial masyarakat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:15431
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:30 Jun 2010 14:46
Last Modified:30 Jun 2010 14:52

Repository Staff Only: item control page