TANGGUNG JAWAB BIRO IKLAN TERHADAP UPAYA PERLINDUNGAN KONSUMEN

Andrianti, Harinta (2007) TANGGUNG JAWAB BIRO IKLAN TERHADAP UPAYA PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum.

Full text not available from this repository.

Official URL: http://fh.undip.ac.id/perpus

Abstract

Salah satu segi dari pembangunan ekonomi adalah meningkatkan produksi barang-barang dan jasa dalam masyarakat, sehingga harus ditampung pemasarannya.Usaha pengembangan pasar dan produk yang baru akan sangat dibantu oleh kegiatan periklanan yang merupakan salah satu usaha promosi yang efektif pada masa sekarang. Obyek utama yang berhubungan dengan iklan diantaranya : pengiklan, biro iklan, media dan masyarakat. Iklan sebagai promosi dapat menimbulkan akibat sampingan dalam bentuk yang merugikan terhadap konsumen. Iklan dapat menyampaikan informasi yang salah atau keliru. Untuk mencegah terjadinya iklan yang merugikan konsumen tersebut pemerintah mengadakan pengawasan terhadap periklanan Untuk itu permasalahan yang dikemukakan adalah bagaimana tanggung jawab biro iklan terhadap upaya perlindungan konsumen dan bagaimana upaya perlindungan hukum yang diberikan biro iklan kepada konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yang bersifat yuridis empiris, spesifikasi penelitian bersifat deskriptif analisis, pengumpulan data melalui data primer dan sekunder, metode analisis yang digunakan bersifat kualitatif dan penyajian datanya dalam bentuk laporan tertulis secara ilmiah dengan mengamati tanggung jawab biro iklan terhadap upaya perlindungan konsumen Diketahui bahwa biro iklan mempunyai peranan yang sangat penting dan bertanggung jawab terhadap pembuatan iklan. Sistem tanggung jawab biro iklan dalam hal pelanggaran terhadap hak-hak konsumen dalam praktek menggunakan strict liability terhadap strict professional liability yakni bertanggung jawab sebatas profesinya sebatas perjanjian yang telah disepakati dengan konsumen pengguna jasa. Oleh karena itu perlu adanya kerjasama yang erat antara biro iklan dengan pengiklan melalui kode etik dan peraturan-peraturan untuk menyehatkan periklanan. Kata Kunci : Tanggung Jawab, Biro Iklan, Perlindungan Konsumen

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:15429
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Aug 2010 21:33
Last Modified:06 Aug 2010 21:33

Repository Staff Only: item control page