ANALISA STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA PERUSAHAAN JASA FREIGHT FORWARDING: RENCANA, IMPLEMENTASI, DAN EVALUASI KEBIJAKAN YANG MEMPENGARUHI KINERJA PEMASARAN

Setiowati, Berti (2007) ANALISA STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA PERUSAHAAN JASA FREIGHT FORWARDING: RENCANA, IMPLEMENTASI, DAN EVALUASI KEBIJAKAN YANG MEMPENGARUHI KINERJA PEMASARAN. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
263Kb

Abstract

Prominent business from freight forwarder are buying transportation service from various voyage or carrier and make some series of shipment from several shipper into little or big amount, to the certain purpose with more cheap price. From this perspective freight forwarding service looked important by enterprise to gets two purposes that are consumer satisfaction (condition, product, sending, on time and on place delivery) and cost economize (avoid of didn’t need activity and cost to handling cargo and document matters by self.) Slope of sale income and volume experienced PT. OSS in month of November 2005 and income graph didn’t stable or fluctuate until month of October 2006 to be serious set of problems and must be finished. More race enterprise are spring up in Semarang make PT. OSS demanded to increase marketing performance and plan of exactly marketing performance. Marketing mixture in the service sector (product, price, place, promotion, people, process, customer service) influence one of the others, if one of them not proper organized, it will influence all marketing strategy. After by means of SWOT analyze, knows superiority, weakness, threat and change which enterprise property. From here plan strategy of enterprise and policy implementation to the PT. OSS, until can increasing marketing performance. Need to know that marketing performance influenced by marketing mixture, orientation of enterprise strategic and several external factor which out of control the enterprise. Management policy PT. OSS increasing marketing performance by means of increasing efforts and marketing mixture strategy implementation and strategic orientation gives input and knowledge to use the change and anticipate of the emerge obstacle. Yield of strategy implementation and policy recommendation to be enterprise evaluation in the next time. Bisnis utama dari freight forwarder adalah membeli jasa transportasi dari bermacam-macam pelayaran atau pemilik kapal (carrier) dan membuat suatu rangkaian pengiriman (shipment) dari beberapa pengirim barang (shipper) dalam jumlah kecil ataupun besar, ke tujuan tertentu dengan harga yang lebih murah. Dari perspektif ini layanan jasa freight forwarding dipandang penting oleh perusahaan yang bekerja keras untuk mencapai dua tujuan sekaligus yaitu kepuasan pelanggan (pengiriman produk pada kondisi, waktu dan tempat yang tepat) serta penghematan biaya (menghindari aktivitas dan biaya yang tidak perlu untuk menangani sendiri urusan cargo dan dokumen). Penurunan pendapatan dan volume penjualan yang dialami PT. OSS pada bulan November 2005 dan grafik pendapatan yang tidak stabil atau fluktuatif sampai bulan October 2006 menjadi permasalahan yang serius dan harus diselesaikan. Semakin banyaknya perusahaan sejenis yang bermunculan di Semarang membuat PT. OSS dituntut untuk harus mampu meningkatkan kinerja pemasaran dan merencanakan strategi pemasaran yang tepat. Bauran pemasaran di bidang jasa (product, price, place, promotion, poeple, process, customer service) saling mempengaruhi satu sama lain sehingga bila salah satu tidak tepat pengorganisasiannya akan mempengaruhi strategi pemasaran secara keseluruhan. Setelah melalui proses analisis SWOT, diketahui keunggulan, kelemahan, ancaman dan peluang yang dimiliki perusahaan. Dari sini kemudian perusahaan mulai merencanakan strategi serta implementasi kebijakan pada PT. OSS, agar secara dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Perlu diketahui pula bahwa kinerja pemasaran juga dipengaruhi oleh bauran pemasaran, orientasi stratejik perusahaan dan beberapa faktor eksternal yang berada diluar kendali perusahaan. Kebijakan manajemen PT. OSS untuk meningkatkan kinerja pemasaran melalui peningkatan usaha-usaha dan implementasi strategi bauran pemasaran serta orientasi stratejik telah banyak memberikan masukan dan pengetahuan untuk memanfaatkan peluang yang ada dan mengantisipasi hambatan dapat yang timbul. Hasil implementasi strategi dan rekomendasi kebijakan juga dilakukan untuk menjadi evaluasi bagi perusahaan di masa datang.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:15425
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:30 Jun 2010 12:16
Last Modified:30 Jun 2010 12:16

Repository Staff Only: item control page