ANALISIS PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN TERHADAP KAPABILITAS UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Empirik pada Industri Pakaian Jadi di Kota Semarang)

Suryanita, Andriani (2006) ANALISIS PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN TERHADAP KAPABILITAS UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Empirik pada Industri Pakaian Jadi di Kota Semarang). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
376Kb

Abstract

This research is done based on research result differences ( research gap ) and differences of discussion focus about orientation of entrepreneurial and influence of knowledge interest and also company capability to marketing performance. Besides, there are also research problem about tightening of emulation in hand made clothes industry specially at small scale industry in Semarang city which’s owning local market so that push brooding company to be more ahead in formulating strategy to improving its performance. Some condition and factor above were importance to be checked empirically and analyzed. Therefore the practitioner / owner in hand made clothes industry can obtain fact to support their exist in market, so the formulated strategy earn more accurate. This research is done by taking research object at small scale hand made clothes industry in Semarang, amounting to 170 company with its population element that is manager / owner. Sampling technique that used is purposive sampling. Amount of determined responder as research sample is 100 people. Analysis technique that used to interpret and analyze data in this research is technique of Structural Equation Model ( SEM) of software package of AMOS. Result of examination proven hypothesis that factor entrepreneurial orientation and knowledge of market become positive effect of marketing capability and marketing performance. It is mean high significance of each other variables. As for model which is raised in this research can be accepted posed at by index according to where value of GFI 0,900, value of chi-square 87,987, probability value 0,084, value of TLI 0,965 and value of CFI 0,973, all have up to standard although value of AGFI 0,853 accepted by marginal. Penelitian ini dilakukan berdasar kesenjangan hasil penelitian terdahulu (research gap) dan perbedaan fokus bahasan tentang orientasi kewirausahaan dan pengaruh kompetensi pengetahuan serta kapabilitas perusahaan terhadap kinerja pemasaran. Selain itu, terdapat pula permasalahan penelitian (research problem) tentang ketatnya persaingan di industri pakaian jadi khususnya pada industri berskala kecil di kota Semarang yang memiliki pasar lokal sehingga mendorong perusahaan untuk lebih jeli dalam merumuskan strategi dalam meningkatkan kinerjanya. Beberapa faktor dan kondisi di atas sangat penting untuk diteliti secara empirik untuk kemudian dianalisis, agar praktisi di perusahaan garmen dapat memperoleh dukungan fakta yang ada di pasar, sehingga strategi yang dirumuskan dapat lebih akurat. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil objek penelitian pada perusahaan garmen berskala kecil di Kota Semarang yang berjumlah 170 perusahaan dengan elemen populasinya yaitu manajer pemasaran. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah responden yang ditentukan sebagai sampel penelitian adalah 100 orang. Teknik analisis yang dipakai untuk menginterpretasikan dan menganalisis data dalam penelitian ini adalah dengan teknik Structural Equation Model (SEM) dari paket software AMOS. Dari hasil pengujian hipotesis terbukti bahwa faktor orientasi kewirausahaan dan kompetensi pengetahuan pasar menjadi efek positif kapabilitas pemasaran dan kinerja pemasaran yang signifikan. Adapun model yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima yang ditunjukkan oleh indeks kesesuaian dimana nilai GFI 0,900, nilai chi-square 87,987, nilai probabilitas 0,084, nilai TLI 0,965 dan nilai CFI 0,973, yang semuanya telah memenuhi syarat walaupun nilai AGFI 0,853 diterima secara marjinal.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
K Law > K Law (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:15358
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:30 Jun 2010 08:04
Last Modified:30 Jun 2010 08:04

Repository Staff Only: item control page