PENGARUH KENDARAAN TIDAK BERMOTOR PADA JALAN 2 LAJUR 2 ARAH TANPA MEDIAN (STUDI KASUS JALAN PARANGTRITIS KOTA YOGYAKARTA)

KOESWANDONO, WINDARTO (2007) PENGARUH KENDARAAN TIDAK BERMOTOR PADA JALAN 2 LAJUR 2 ARAH TANPA MEDIAN (STUDI KASUS JALAN PARANGTRITIS KOTA YOGYAKARTA). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
464Kb

Abstract

Unmotorized vehicle in mix traffic on 2 - way 2 - lane undivided road have potential to give the effect toward the performance of traffic especially traffic speed, in addition, if there is a great number of vehicles. It is happened on the corridor of Yogyakarta City especially southbond and westbond traffic or from the Bantul and Godean. The study was conducted on Parangtritis street by taking two locations, in. front of the Money Changer and in front of the STIE Kerjasama. It is caused by the differential characteristic of environmental and the volume of traffic on the northern and southern part of Parangtritis street. Survai was conducted in Monday and Thusrsday on the peak haur morning, outer peaks hour afternoon dan peak hour evening by use video camera. The result of analysis of unmotorized vehicle has no significant effect toward the traffic speed on the volume of motorized vehicle < 3300 vehicles/ hour in front of the Money Changer and traffic volume < 2650 vehicles/hour in front of the STIE Kerjasama. In front of Money Changer, the ratio of unmotorized vehicle toward the motorized vehicle give the significant effect toward the speed of traffic, however in front of STIE Kerjasama the ratio of unmotorized vehicle toward the motorized vehicle on the volume of motorized vehicle by < 1920 vehicle/hours. It affected insignificantly toward the speed of traffic. In front of the Money Changer on the traffic volume > 3300 vehicles/ hour every 10% increasing of non-motorized vehicle caused the decreasing of speed of 3.28 km/ hour and in every 10% increasing of unmotorized and motorized vehicles ratio on the volume of motorized vehicles >2500 vehicles/ hour caused the decreasing of speed of 3.4 km/ hour. In front of STIE Kerjasama on the traffic volume > 2650 vehicles/ hour every 10% increasing of unmotorized vehicle proportion caused the decreasing speed of 7.8 km/ hour and the volume of motorized vehicles > 1920 every 10% increasing ratio of unmotorized vehicles with the motorized vehicles caused the decreasing of speed of 4.52 km/ hour. By the reason of significant effects toward the performance of traffic, thus it needs emp value to the unmotorized vehicles as the part of traffic. The analysis used to determine emp value by used method of capacity basic and speed basic. Those two basic methods to find the emp value used folded linear regression. The result of analysis gained emp value to Parantritis street is empHV = 1.89, empMC = 0,57, emp of bicycle = 0,50 and emp of pedicab = 1,53. The result of emp select to represent on Parangritis street is the result of capacity based analysis. It is recommended to the 2 - ways 2 - lines undivided road wich no special lane for unmotorized, so the unmotorized is better to be taken account as the part of traffic and also has its emp value itself. Kendaraan tidak bermotor (lambat) dalam lalu lintas campuran pada jalan 2 lajur 2 arah tanpa median berpotensi memberikan pengaruh pada kinerja lalu lintas khususnya kecepatan lalu lintas apalagi bila jumlahnya sangat besar. Hal ini terjadi pada koridor Kota Yogyakarta terutama lalu lintas dari arah selatan dan arah barat atau dari arah Bantul dan Godean. Studi dilakukan di jalan Parangtritis dengan mengambil 2 lokasi,. yaitu di depan Money Changer dan di depan STIE Kerjasama. Hal ini karena ada perbedaan karakteristik lingkungan maupun volume lalu lintas pada kedua lokasi tersebut. Survai dilakukan hari senin dan selasa pada jam sibuk pagi, jam diluar sibuk siang hari dan jam sibuk sore dengan menggunakan kamera vidio. Hasil dari analisa adalah proporsi kendaraan tidak bermotor tidak berpengaruh signifikan terhadap kecepatan lalu lintas pada volume lalu lintas < 3300 kendaraan/jam di depan Money Changer dan volume lalu lintas < 2650 kendaraan/jam di depan STIE Kerjasama. Di depan Money Changer rasio kendaraan tidak bermotor terhadap kendaraan bermotor memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kecepatan lalu lintas, tetapi di depan STIE Kerjasama rasio kendaraan tidak bermotor terhadap kendaraan bermotor pada volume kendaraan bermotor < 1920 kendaraan/jam, tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kecepatan lalu lintas Di depan Money Changer pada volume lalu lintas > 3300 kendaraan/jam setiap kenaikan 10 % proporsi kendaraan tidak bermotor menyebabkan penurunan kecepatan sebesar 3.28 km/jam dan pada setiap kenaikan 10 % rasio kendaraan tidak bermotor terhadap kendaraan bermotor pada volume kendaraan bermotor > 2500 kendaraan/jam menyebabkan penurunan kecepatan sebesar 3.4 km/jam. Di depan STIE Kejasama pada volume lalu lintas > 2650 kendaraan/jam setiap kenaikan proporsi kendaraan tidak bermotor sebesar 10 % menyebabkan penurunan kecepatan sebesar 7.8 km/jam dan pada volume kendaraan bermotor >1920 setiap kenaikan 10 % rasio kendaraan tidak bermotor dengan kendaraan bermotor menyebabkan penurunan kecepatan sebesar 4.52 km/jam. Karena pengaruhnya cukup signifikan terhadap kinerja lalu lintas, maka diperlukan nilai emp untuk kendaraan tidak bermotor sebagai bagian dari lalu lintas. Analisis yang digunakan untuk menentukan nilai emp adalah menggunakan cara dengan basis kapasitas dan basis kecepatan. Kedua basis cara tersebut menggunakan model regressi linier berganda. Hasil dari analisis didapatkan nilai emp untuk jalan Parangtritis adalah empHV = 1.89, empMC = 0,57, emp sepeda = 0,50 dan emp becak adalah 1,53. Hasil emp yang terpilih mewakili di jalan Parangtritis merupakan hasil analisis dengan basis kapasitas. Disarankan untuk jalan 2 lajur 2 arah tanpa median yang belum difasilitasi lajur khusus kendaraan lambat, maka kendaraan tidak bermotor sebaiknya diberlakukan sebagai bagian dari lalu lintas dan ikut dihitung serta mempunyai nilai emp sendiri.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Civil Engineering
ID Code:15343
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:29 Jun 2010 15:25
Last Modified:29 Jun 2010 15:25

Repository Staff Only: item control page