HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN SARAPAN PAGI DENGAN PRESTASI BELAJAR (STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI I WONOBOYO KECAMATAN WONOGIRI KABUPATEN WONOGIRI)

SUBEKTI, RINI (1998) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN SARAPAN PAGI DENGAN PRESTASI BELAJAR (STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI I WONOBOYO KECAMATAN WONOGIRI KABUPATEN WONOGIRI). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Pada usia sekolah banyak faktor yang mempengaruhi prestasi anak, salah satunya adalah masalah gizi. jalan yang ditempuh untuk memperbaiki masalaj gizi anak sekolah agar prestasi belajar tidak terganggu adalah memperbaiki pola makan di keluarga denganmenekankan pentingnya kebiasaan sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah, karena dengan sarapan pagi maka anak mudah berkonsentrasi dalam belajar di sekolah sehingga prestasi belajar di kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar anak sekolah. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan srapan pagi dengan prestasi belajar. Penelitian ini bersifat penjelasan dengan rancangan penelitian survei dan menggunakan metode pendekatan cross sectional. Sebagai populasi adalah murid SDN I Wonoboyo kecamatan Wonogiri kabupatan Wonogiri sebanyak 282 anak, dengan pengambilan sampel secara porpusive sebanyak 63 anak (34 laki-laki dan 29 perempuan). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Analisis dara menggunakan uji korelasi regresi untuk variabel pengeluaran pangan keluarga perbulan. kebiasaan sarapan pagi (konsumsi protein, dan energi, frekuensi), prestasi belajar. Hasil analisis sbb: 1. Ada hubungan antara pengeluaran keluarga untuk pangan perbulan dengan kebiasaan sarapan pagi. 2. Ada hubungan antara kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar. Bagi anak disarankan untuk mempertahankan kebiasaan sarapan pagi sebelum kesekolah yang sudah baik tersebut. Bagi guru perlu menyisipkan materi tentang sarapan pagi dalam mata pelajaran yang berhubungan dengan gizi kesehatan. Kata Kunci: SARAPAN PAGI, PRESTAS BELAJAR, ANAK SEKOLAH DASAR

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:15336
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Jun 2010 14:16
Last Modified:29 Jun 2010 14:16

Repository Staff Only: item control page