ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESUKSESAN ALIANSI STRATEJIK ANJUNGAN TUNAI MANDIRI (ATM) ANTAR PERBANKAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN PERUSAHAAN ( STUDI KASUS PERBANKAN PESERTA ATM BERSAMA )

Rizal, Revi (2006) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESUKSESAN ALIANSI STRATEJIK ANJUNGAN TUNAI MANDIRI (ATM) ANTAR PERBANKAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN PERUSAHAAN ( STUDI KASUS PERBANKAN PESERTA ATM BERSAMA ). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
664Kb

Abstract

The high level of competition, the increasing development of information technology, the willingness to increase income from credit interest to be income from of the out of credit interest that source from fee (fee based income), it is a need of customers about Automatic Teller Machine (ATM) facility, this is the problem which always faced by bank. Many banks which have little financial problem to have some investment in ATM network, usually cooperate with other banks through an alliance strategy that can handle the problem. The research has a goal to analyze factors which can influence the success of strategic alliance and the marketing company’s work which doing some cooperation of the alliance of ATM Bersama network inter banking. The problem of research which have been proposed fully is research gap from the previous research, which are the influence of commitment, reputation, trust, and shared decision making to the success of the alliance and how is the influence of the success of the alliance to marketing company’s work. The variable and the indicator from the previous research have been developed into a model with hypothesis to answer the research problem. The research takes 108 respondents come from manager, chief and deputy of division from The Banking Head Office of ATM alliance network participant in Indonesia. The data analysis device which is used Structural Equation Model (SEM) on the program AMOS 5.0. The research is showing that the model and the data of research result can be accepted well, the result of research established that commitment, reputation, trsut, and shared decision making significantly have positive influence for the success of the alliance, and the success of the alliance have positive influence to the marketing company’s work. Tingkat persaingan yang sangat tinggi, perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat, keinginan untuk meningkatkan pendapatan dari pendapatan bunga kredit menjadi pendapatan diluar pendapatan bunga kredit yang bersumber dari fee (fee based income), adanya keinginan dan kebutuhan nasabah atas fasilitas ATM merupakan masalah yang selalu dihadapi oleh perbankan. Banyak perbankan mempunyai permasalahan modal yang masih kecil untuk melakukan investasi jaringan ATM, kerjasama antar perbankan merupakan strategi aliansi yang akan dapat mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan aliansi stratejik dan kinerja pemasaran perusahaan yang melakukan kerjasama aliansi jaringan ATM Bersama antar perbankan. Permasalahan penelitian yang diajukan sepenuhnya merupakan research gap dari penelitian terdahulu, yaitu bagaimana pengaruh komitmen, reputasi, kepercayaan dan shared decision making terhadap kesuksesan aliansi dan bagaimana pengaruh kesuksesan aliansi terhadap kinerja pemasaran perusahaan. Variabel dan indikator dari penelitian terdahulu dikembangkan menjadi sebuah model dengan hipotesis untuk menjawab masalah penelitian ini. Responden dari penelitian ini berjumlah 108 responden yang berasal dari manajer, kepala dan wakil kepala Divisi, kepala dan wakil kepala bagian dari kantor pusat perbankan peserta jaringan aliansi ATM Bersama di Indonesia. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) pada program AMOS 5.0. Penelitian menunjukkan bahwa model dan data hasil penelitian dapat diterima dengan baik, hasil penelitian membuktikan bahwa komitmen, reputasi, kepercayaan dan shared decision making secara signifikan berpengaruh positif terhadap kesuksesan aliansi dan kesuksesan aliansi berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran perusahaan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:15320
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:29 Jun 2010 12:47
Last Modified:29 Jun 2010 12:47

Repository Staff Only: item control page