ANALISIS PENGARUH IKLIM PSIKOLOGIS TERHADAP KETERLIBATAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Studi pada. PT. Coca Cola Bottling Indonesia Central Java Semarang)

Yekty, Rakhesma Pasaty (2006) ANALISIS PENGARUH IKLIM PSIKOLOGIS TERHADAP KETERLIBATAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Studi pada. PT. Coca Cola Bottling Indonesia Central Java Semarang). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
432Kb

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh iklim psikologis terhadap keterlibatan kerja dan kepuasan kerja dalam meningkatkan kinerja karyawan. Permasalahan penelitian yang diajukan sepenuhnya merujuk pada survei kepuasan pegawai tentang pengelolaan SDM di PT. Coca Cola Bottling Indonesia (data 25 januari 2004), dimana data mernunjukkan adanya ketidakpuasan karyawan terhadap beberapa aspek pengelolaan SDM di PT. CocaCola Bottling Indonesia. Data lain juga menunjukkan perkembangan produktivitas, tingkat total turnover, tingkat absensi dan tingkat indisipliner, terdapat beberapa indikasi bahwa perlunya penataan strategi perusahaan. Permasalahaan penelitian ini juga merujuk pada beberapa research gaps penelitian terdahulu (Brown & Leigh, 1996; Perrot, 2001). Dari masalah penelitian tersebut maka timbul pertanyaan penelitian sebagai berikut : 1). Apakah iklim psikologis dapat mempengaruhi ketelibatan kerja? 2). Apakah keterlibatan kerja berpengaruh pada kinerja karyawan? 3). Apakah iklim psikologis dapat mempengaruhi kepuasan kerja? 4). Apakah kepuasan kerja berpengaruh pada kinerja karyawan? 5). Apakah iklim psikologis berpengaruh terhadap kinerja karyawan?. Selanjutnya variabel dan indikator penelitian juga didasarkan pada justifikasi penelitian terdahulu. Sebuah model telah dikembangkan dan 5 (lima) hipotesis telah dirumuskan untuk menjawab masalah penelitian ini. Teknik pengambilan sampel adalah metode purposive (purposive sampling). Responden dari penelitian ini berjumlah 190 responden, dimana responden adalah karyawan PT. CocaCola Botling Indonesia. Alat analisa data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 4.01. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan model dan hasil penelitian dapat diterima dengan baik. Dan selanjutnya hasil penelitian ini membuktikan pengaruh iklim psikologis terhadap keterlibatan kerja adalah positip secara signifikan. Pengaruh keterlibatan kerja terhadap kinerja karyawan adalah positip secara signifikan. Pengaruh iklim psikologis terhadap kepuasan kerja adalah positip secara signifikan. Dan kepuasan kerja berpengaruh positip signifikan terhadap kinerja karyawan adalah positip secara signifikan. Serta pengaruh iklim psikologis terhadap kinerja karyawan adalah positip secara signifikan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:15317
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:29 Jun 2010 12:25
Last Modified:29 Jun 2010 12:25

Repository Staff Only: item control page