ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DALAM MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan Administrasi Univeristas Diponegoro)

M U H A D I, M U H A D I (2007) ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DALAM MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan Administrasi Univeristas Diponegoro). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
317Kb

Abstract

Obyek Penelitian ini adalah Universitas Diponegoro Semarang ( UNDIP ) yang menguji pengeruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan , untuk menjelaskan konsep variabel kepuasan kerja, mitmen organisasional dan kinerja karyawan maka telah dikembangkan berbagai model. Adapun tujuan penelitian ini untuk menentukan bagaimana model yang memberikan gambaran lebih tepat hubungan kausalitas antara kepuasan kerja , komitmen organisasional dan kinerja karyawan . Populasi penelitian adalah karyawan / pegawai administrasi Universitas Diponegoro Semarang ( PNS ) , dengan metode pengambilan sampel Purposive Sampling sejumlah 130 responden yang didistribusikan , akan tetapi hanya 100 kuesioner yang dianalisis. Analisis data penelitian yang dipergunakan adalah model persamaan struktural dengan program aplikasi AMOS untuk menguji 3 (tiga) hipotesis yang telah dikembangkan , hubungan yang telah dihipotesiskan merupakan hubungan kausal. Dan dari hasil hipotesis menunjukan bahwa 3 (tiga) hipotesis yang diajukan diterima hal ini berarti kepuasan kerja dan komitmen organisasional berpengaruh secara positif terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian tersebut dapat diketahui pula bahwa variabel yang berpengaruh paling besar terhadap kinerja karyawan adalah variabel komitmen organisasiona dan yang selanjutnya baru kepuasan kerja. Dengan demikian implikasi manajerial meliputi : - Usaha untuk meningkatkan komitmen organisasional karyawan - Usaha untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:15207
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:24 Jun 2010 14:00
Last Modified:24 Jun 2010 14:00

Repository Staff Only: item control page