PENGARUH PARTISIPASI MASYARAKAT DAN TRANSPARANSI KEBIJAKAN PUBLIK TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DEWAN TENTANG ANGGARAN DENGAN PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH (APBD) (Study Empiris Di Provinsi Papua)

WERIMON, Simson and GHOZALI, Imam and NAZIR, Mohamad (2007) PENGARUH PARTISIPASI MASYARAKAT DAN TRANSPARANSI KEBIJAKAN PUBLIK TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DEWAN TENTANG ANGGARAN DENGAN PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH (APBD) (Study Empiris Di Provinsi Papua). In: Simposium Nasional Akuntansi 10 (SNA 10), 26 - 28 Juli 2007, Universitas Hasanudin, Makasar.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1044Kb

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh partisipasi masyarakat dan transparansi kebijakan publik terhadap hubungan antara pengetahuan Dewan tentang anggaran dengan pengawasan keuangan daerah (APBD), yang di moderasi oleh Partisipasi masyarakat dan transparansi kebijakan publik. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengetahuan Dewan tentang anggaran dan variable dependennya adalah pengawasan keuangan daerah (APBD). Sampel dalam penelitian ini adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) se-Provinsi Papua peroide 1999-2009, diperoleh dengan menggunakan tekhnik Purpose Random Sampling. Jumlah Responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 313. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survei langsung pada wilayah yang dapat dijangkau dan mail survei serta kontak person secara khusus pada wilayah tidak dapat dijangkau. Pengujian hipotesis diuji secara empiris dengan menggunakan multiple regression untuk masing-masing sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat hubungan yang positif signifikan antara variabel pengetahuan dengan pengawasan keuangan daerah (APBD) pada level (p value) 0.018. Kedua interaksi antara pengetahuan dewan tentang anggaran dengan partisipasi masyarakat berpengaruh negatif signifikan terhadap pengawasan Keuangan Daerah (APBD) dengan melihat nilai signifikansinya (p value) sebesar = 0,03 dengan koefisien regresinya bernilai -2,403, ketiga interaksi antara pengetahuan dewan tentang anggaran dengan transparansi kebijakan publik tidak berpengaruh positif signifikan terhadap pengawasan APBD dengan melihat nilai signifikansinya (p value) sebesar = 0,266, ke empat interaksi antara pengetahuan dewan tentang anggaran dengan partisipasi masyarakat dan transparansi kebijakan publik tidak berpengaruh positif signifikan terhadap pengawasan APBD dengan melihat nilai signifikansinya (p value) sebesar = 0,266. Kata Kunci : Partisipasi masyarakat, Transparansi kebijakan publik, pengetahuan anggaran, pengawasan keuangan daerah (APBD).

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
ID Code:15180
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:24 Jun 2010 09:15
Last Modified:24 Jun 2010 09:15

Repository Staff Only: item control page