PENERIMAAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP MAKANAN BIASA DAN HUBUNGANNYA DENGAN SISA MAKANAN DI RSU KARDINAH TEGAL (STUDI DI BANGSAL KEBIDANAN DAN BEDAH)

DEWI , A.K. PRIMA (1999) PENERIMAAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP MAKANAN BIASA DAN HUBUNGANNYA DENGAN SISA MAKANAN DI RSU KARDINAH TEGAL (STUDI DI BANGSAL KEBIDANAN DAN BEDAH). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat diterima atau tidaknya makanan biasa yang disajikan dari pasien rawat inap ditinjau dari sisa makan pasien serta faktor-faktor yang emperharuhinya, dengan menganalisa dan mengetahui ada tidaknya hubungan dari faktor-faktor tersebut terhadap tingkat penerimaan pasien. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dan metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel adalah paien dibangsal anak dan pasien dewasa pria/wanita dibangsal kebidanan dan bedah dengan kriteria tertentu. Hasil penelitian adalah 38 responden dapat menerima makanan biasa yang disajikan. Faktor besar porsi, rasa makanan, adanya makanan dari luar Rumah Sakit, variasi menu dan lamanya siklus menu adalah faktor yang mempengaruhi tingkat penerimaan pasien terhadap makanan biasa. Hal ini dipengaruhi karena kondisi pasien dan kekurangan tenaga di instalasi gizi. Penyelenggaraan makanan di RSU Kardinah Tegal telah berjalan lancar dan pasien dapat menerima makanan biasa yang disajikan Rumah Sakit khususnya di bangsal kebidanan dan bedah. Rata-rata konsumsi kalori dibangsal kebidanan dan bedah 1.976,06 kalori. Sisa makan pasien banyak terjadi pada makan pagi dan sayuran kool serta telur ayam adalah jenis makanan yang tidak disukai oleh pasien. Disarankan untuk mengurangi frekuensi penggunaan kedua jenis bahan makanan tersebut dalam susunan menu dan prlu dilakukan evaluasi terhadap siklus menu serta variasi menu. Kata Kunci: PENERIMAAN PASIEN RAWAT INAP

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:15164
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:23 Jun 2010 14:23
Last Modified:23 Jun 2010 14:23

Repository Staff Only: item control page