ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DAPAT MENINGKATKAN KEPERCAYAAN PELANGGAN UNTUK MELAKUKAN ONLINE SHOPPING DAMPAKNYA TERHADAP MINAT BELI ULANG (STUDI KASUS PADA PENGGUNA ONLINE SHOPPING PELANGGAN MAKANAN KESEHATAN PT. TRIAS SUKSES DINAMIKA DI KOTA SEMARANG)

Suyoto, Mario Christi (2006) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DAPAT MENINGKATKAN KEPERCAYAAN PELANGGAN UNTUK MELAKUKAN ONLINE SHOPPING DAMPAKNYA TERHADAP MINAT BELI ULANG (STUDI KASUS PADA PENGGUNA ONLINE SHOPPING PELANGGAN MAKANAN KESEHATAN PT. TRIAS SUKSES DINAMIKA DI KOTA SEMARANG). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
784Kb

Abstract

The Future business trading predicted will changing from market place into market space (Kotler ,2000).In business trading internet use as business form activity with their most important point contribution is efficiency. This activity known as ecommerce. Online shopping is a part from e-commerce which this activity is used by many business activity with differenct purpose (Cheung, 1998). With online shopping, trading process can be done everywhere. Someone who live in differect country can buy product which sell in other country with online shopping. In this research, we use health food from PT. Trias Sukses Dinamika, Bogor as the object. Previous study (Doney, Cannon dan Mullen (2003); Eden (1988) ; Kim, Silvasailam, Rao (2004)) shown that trust is the significant factor in online shopping process. Scient of technology, having a good quality web site, and having a good quality company are some factor that can be influence trust. The purpose of this research is analyzing factors which can increasing consumers trust to use online shopping as form for trading. The main question in this research is how to increase consumers trust to use information technology as a form for online shopping. Based on this question, a theoretical model and 6 hypothesis are proposed to be assessed using SEM. Samples of this research are 104 consumers of Health Food PT. Trias Sukses Dinamika in the city of Semarang. The result of SEM analysis fulfills the criteria of Goodness of Fit Index : X2 (chisquare) 206.556, probability 0.063 (≥0.05), RMSEA 0.040 (≤0.08), GFI 0.849 (≤0.90), AGFI 0.803 (≤0.90), TLI 0.985 (≥0.95), CFI 0.987 (≥0.985). These results show that consumer trust is possible to be increased through increasing quality of web site, which can be increased with : give a security for web site to protect consumers important data, and for the payment transaction is adviced to use banking transfer. Transaksi Bisnis yang akan datang, diprediksi akan berpindah dari market place menuju ke market space (Kotler ,2000). Dalam bidang perdagangan, internet mulai banyak dimanfaatkan sebagai media aktivitas bisnis terutama karena kontribusinya terhadap efisiensi. Aktivitas pertukaran informasi melalui media internet ini populer disebut dengan electronic commerce (e-commerce). Online Shopping sekarang ini muncul sebagai aplikasi populer dalam e-commerce, digunakan oleh beberapa jenis bisnis dengan tujuan yang berbeda (Cheung, 1998). Dengan menggunakan online shopping pembelian dapat dilakukan tanpa terbatas oleh tempat. Seseorang yang berada di salah satu negara dapat melakukan pembelian barang yang berada di negara lain dengan mudah. Dalam penelitian ini, objek yang digunakan adalah makanan kesehatan PT. Trias Sukses Dinamika, Bogor seperti sari buah mengkudu (Javanony), sari buah merah (Red Papua), minyak kelapa (Java Virco), dll. Penelitian terdahulu (Doney, Cannon dan Mullen (2003); Eden (1988) ; Kim, Silvasailam, Rao (2004)) menunjukan bahwa kepercayaan adalah faktor yang sangat signifikan dalam proses online shopping. Pengetahuan akan teknologi, memiliki web site yang mutunya baik, memiliki mutu perusahaan yang baik merupakan beberapa faktor yang dapat meningkatkan kepercayaan. Tujuan penelitian ini adalah: untuk menganalisis faktor – faktor yang dapat meningkatkan kepercayaan seseorang agar mau menggunakan online shopping sebagai sarana untuk belanja online. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatan kepercayaan konsumen agau mau menggunakan teknologi informasi sebagai sarana untuk online shopping . Atas dasar ini diajukan model teoritis dan 6 hipotesis untuk diuji dengan metode SEM. Sampel penelitian ini adalah 104 pengguna online shopping yang menjadi pelanggan makanan kesehatan PT. Trias Sukses Dinamika di kota Semarang. Hasil analisis SEM memenuhi criteria Goodness of Fit Index ; X2 (chi- square) 206.556, probability 0.063 (≥0.05), RMSEA 0.040 (≤0.08), GFI 0.849 (≤0.90), AGFI 0.803 (≤0.90), TLI 0.985 (≥0.95), CFI 0.987 (≥0.985). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan pembelian dapat ditingkatkan melalui mutu web site, dimana mutu web site ini dapat ditingkatkan dengan cara, yaitu: meningkatkan keamanan web site dengan melindungi data informasi yang di miliki oleh pelanggan dengan baik dan menganjurkan transfer rekening sebagai sarana pembayaran paling baik dalam online shopping.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:15154
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:23 Jun 2010 09:28
Last Modified:23 Jun 2010 09:28

Repository Staff Only: item control page