Arianto, Effendy Judy (2005) ANALISIS PENGARUH "SPEED HUMPS" TERHADAP KECEPATAN. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 3096Kb |
Abstract
Speed Humps is one of the traffic calming measures proposed to reduce the speed of vehicles in residential areas to protect pedestrian, bicyclist, children and also the olds. This research is amied to analyse the influence of the installation of various speed humps on the local streets on the speed of vehicles. The field observation was conducted by measuring the dimension of speed humps and the distance between consecutive speed humps. The speed of the traffic was measured three area : area 1 to represent the normal speed, area 2 to represent the speed at the speed humps and area 3 to represent the speed between two speed humps. The speed of vehicles before speed humps different with the speed of vehicles at the speed humps. It indicates that speed humps could significantly reduce the speed of vehicles. The high and the wide of speed humps are the factors that a effect to speed at the speed humps, the distance between speed humps installed having an effect to speed of vehicles when pass over a series of speed humps. The normal dimention of speed humps (high = 5 cm, wide = 120 cm) installed at a distance of 50 m is sufficiently to reduce the speed of vehicles. It is suggested to install speed humps with that size. Speed humps merupakan bagian dari traffic calming yang berfungi untuk mereduksi kecepatan kendaraan yang melintas di suatu ruas jalan, terutama di kawasan perumahan guna melindungi pejalan kaki, pengendara sepeda, anak-anak maupun lanjut usia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pemasangan speed humps dengan ukuran beragam yang dipasang oleh masyarakat terhadap penurunan kecepatan, juga pengaruh jarak pemasangan speed humps terhadap kecepatan kendaraan ketika melintas di antara speed humps yang dipasang secara seri. Penelitian dilaksanakan dengan mengukur dimensi speed humps yang sudah terpasang di ruas jalan yang diteliti, meliputi : tinggi, lebar, bentuk dan jarak pemasangan antar speed humps. Kecepatan kendaraan yang melintas dibagi menjadi 3 area, yaitu area 1 yang menunjukkan kecepatan normal, area 2 yang merupakan kecepatan pada mat melintas di speed humps dan area 3 merupakan kecepatan pada mat berada di antara speed humps. Semakin tinggi speed humps dengan ukuran lebar yang sama, maka persentase penurunan kecepatannya akan semakin besar. Kecepatan kendaraan sebelum di speed humps berbeda dengan kecepatan kendaraan pada saat melintas di speed humps. Hal ini menunjukkan bahwa keberadan speed humps secara nyata mampu untuk menurunkan kecepatan kendaraan. Tinggi dan lebar speed humps merupakan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kecepatan di speed humps, sedang jarak pemasangan antar speed humps merupakan faktor yang berpengaruh terhadap kecepatan kendaraan ketika melintas di antara speed humps yang dipasang secara seri Speed humps dengan ukuran yang tidak terlalu ekstrim (tinggi = 5 cm, lebar = 120 cm) dengan jarak pemasangan antar speed humps sejauh 50 m cukup berhasil meredam kecepatan kendaraan yang melintas. Oleh sebab itu masyarakat dianjurkan untuk memasang speed humps dengan ukuran dan jarak pemasangan tersebut guna meredam kecepatan kendaraan yang melintas di pemukimannya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Civil Engineering |
ID Code: | 15114 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 1 |
Deposited On: | 22 Jun 2010 17:43 |
Last Modified: | 22 Jun 2010 17:43 |
Repository Staff Only: item control page