WURDIYANTO, EFFENDI NUGROHO (2005) PENGARUH PERUBAHAN FUNGSI RUAS JALAN TENTARA PELAJAR KOTA SEMARANG TERHADAP PEMANFAATAN LAHAN DI SEKITARNYA. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 4Mb |
Abstract
The faster development and the increasing population of Semarang will also in crease the activities of the people in the city. These activities always need area. It means that one more problem will be encountered, that is the lack of area along with other problem such as the traffic jam and urbanization. Volume capacities ratio in the city can 't serve the traffic anymore, because of limited fund for street development, the expensive area in the city and the densed population of Semarang, the improvement of the street capacity by enlarging the street becomes the alternative problem solution for the traffic jam in the city. 'In accordance with the problem, in the RDTRK BWK II Tentara Pelajar street will function as a secondary the area usability. It affects the area usability akin the street. The limitation of the street access and control of the activities along the side area of the street in emphasized so that the activities don't better the traffic of Tentara Pelajar Street. The aim of this research is study the impact of changed function road to the improvement land use in Tentara Pelajar street. The approach method which is used in this research is quantitative/qualitative descriptive and comparative, the aspects which are analysed are transportation characteristics, movement characteristic, activity and usage characteristics. Based on those characteristics, the effects of street function changes, on the area usage is analysed, and the result. Shows that there is a decrease of the street service rate, a charge of usage area and its effect on the area usability. This research concludes that the high rate of area usage charges is caused by the effect of street function changes. The area usage which charges is the housing area and service area where as the changes of the office are is very small. The effect of the street function which stresses on the traffic is the increase of area usage on the side of the street and it causes the decrease of the vehicle' s speed. It is recommended that the activity of usage area along Tentara Palajar street needs to be managed, street median needs to be made and the traffic control should be maintained so that that street function as the traffic median works as it does. In relation to be the city planning Development, the society need to be involved in the process of the street planning because they will directly, get the effect of the street development. Perkembangan kota Semarang yang semakin pesat dan bertambahnya jumlah penduduk, akan meningkatkan kegiatan yang selalu memerlukan lahan dalam aktivitasnya, sehingga akan menjadi suatu permasalahan bagi kota Semarang dalam hal keterbatasan iahan. Selain masalah lainnya seperti kemacetan lalu lintas, urbanisasi dan lain-lain. Kapasitas jaringan jalan dalam kota tidak mampu melayani arus menerus yang kota Semarang. Terbatasnya dana untuk pembangunan jalan, mahalnya lahan dalam kota dan kepadatan kota Semarang yang tinggi maka peningkatan kapasitas jalan dengan cara melebarkan jalan dan perbaikan geometrik jalan merupakan solusi pemecahan masalah kemacetan lalu lintas dalam k9ta. Sejalan dengan permasalahan tersebut didalam Rencana Detail Tata Ruang Kota Bagian BWK II bahwa jalan Tentara Pelajar berfungsi sebagai jalan arteri sekunder, dimana fungsi ants lalu lintas lebih diutamakcin dari pada fungsi akses keguna lahan. Hal tersebut membawa pengaruh terhadap pemanfaatan khan' pada kawasan yang dilaluinya. Pembatasan akses kejalan dan pengendalian kegiatan dimaksudkan agar kegiatan disisi guna lahan pada jalan Tentara Pelajar tidak mengganggu pergerakan arus lalu lintas yang melewati jalan tersebut Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh perubahan fungsi ruas jalan Tentara Pelajar Kota Semarang terhadap pemanfaatan lahan yang ditandai dengan adanya perubahan guna lahan di sekitarnya. Metode pendekatan yang dipakai dalam peuelitian ini adalah metode diskripsi kuantitatif/kualitatif dan komparat•f Aspek yang dianalisa antara lain karakteristik transportasi, karakteristik pergerakan, karakteristik aktivitas dan guna lahan, kemudian berdasarkan karakteristik tersebut dilakukan analisa pengaruh perubahan fungsi ruas jalan terhadap pemanfaatan lahan yang hasilnya berupa penurunan tingkat pelayanan jalan, perubahan pemanfaatan lahan dan pengaruh perubahan fungsi jalan terhadap pemanfaatan lahan. Kesimpulan yang dihasilkan dad penelitian ini adalah tingkat perubahan pemanfaatan lahan tinggi akibat pengaruh perubahan fungsi ruas jalan, guna lahan yang berubah adalah guna lahan permukiman dan guna lahan perdagangan/jasa, sedang lahan perkantoran mempunyai tingkat perubahan rendah. Pengaruh dari fungsi jalan yang mengutamakan arus lalu lintas membawa pengaruh pada meningkatnya akses keguna lahan pada nisi ruas jalan dan mengalcibatkan kecepatan kendaraan aid bat gangguan saMping menurun. Rekomendasi yang diberikan adalah pentingnya pengaturan kegiatan pemanfaatan lahan pada koridor ruas jalan Tentara Pelajar, pembuatan median jalan dan pengaluran lalu limas sehingga .fungsi jalan sebagai pengalir arcs halo limas dapat dipertahankan. Dalam kaitannya dengan perencanaan pembangunan kota bahwa perlunya keterlibatan masyarakat dalam proses perencanaan jaringan jalan, sebab masyarakatlah yang akan terkena dampak dari pembangunan jalan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning |
ID Code: | 15091 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 1 |
Deposited On: | 22 Jun 2010 14:38 |
Last Modified: | 22 Jun 2010 14:38 |
Repository Staff Only: item control page