UJI BANDING EFEKTIVITAS SAMPO KOMBINASI POLITAR 1 % DAN SENG PIRITION 1 DENGAN SAMPO KETOKONASOL 2 % PADA PENDERITA SEBOREIK KAPITIS

HARLISA, PASID (2003) UJI BANDING EFEKTIVITAS SAMPO KOMBINASI POLITAR 1 % DAN SENG PIRITION 1 DENGAN SAMPO KETOKONASOL 2 % PADA PENDERITA SEBOREIK KAPITIS. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2279Kb

Abstract

Seboreik kapitis merupakan suatu gangguan yang umum dijumpai pada pria dan wanita berbagai golongan usia dan merupakan rnasalah yang cukup menonjol karena dapat menyebabkan rasa tertekan atau tidak nyaman bagi pengidapnya. Kondisi ini dapat diatasi dengan pemberian obat anti jamur yang biasanya tersedia dalam komposisi tunggal maupun kombinasi pada sampo anti ketombe. Sampo mengandung ketokonazole 2% dikatakan merupakan terapi yang ampuh dan paling efektif mengatasi seboreik kapitis. Sampo kombinasi yang diteliti mengandung bahan aktif zinc pyrithione 1% dan polytar 1 %. Zinc pyrithione memiliki aktivitas baik sebagai antiproliferasi juga anti Pytirosporum. Penelitian ini membandingkan efektivitas sampo kombinasi yang mengadung polytar 1 dan zinc pyrithione 1 dengan sampo ketokonazole 2% pada seboreik kapitis. Enam puluh penderita dengan seboreik kapitis dibagi dalam dua kelompok dengan jumlah subyek penelitian sama secara acak terkontrol (randomized block), buta ganda. Selanjutnya dilakukan penilaian efektivitas setelah 4 minggu (H-28) penggunaan kedua sampo. Secara umum sampo kombinasi Zinc Pyrithione 1% -Polytar 1% mempunyai efektivitas yang sama dengan sampo ketokonazole 2% dalam mengatasi seboreik kapitis pada seluruh derajat keparahan penyakit. Kejadian membandel (H-28) dan kambuh (H-42) lebih besar terjadi pada kelompok sampo kombinasi Polytar 1%- Zinc Pyrithione 1% (41.4%) dibandingkan dengan kelompok Ketokonazole 2%(25%). Penggunaan sampo kombinasi Zinc pirithione Politar 1% selama 4 minggu ternyata efektif dan dapat menjadi alternatif pada pengobatan seboreik kapitis.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Biomedical Science
ID Code:14792
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:17 Jun 2010 14:57
Last Modified:17 Jun 2010 14:57

Repository Staff Only: item control page