SEMIL, NURMAH (2005) ANALISIS 'CINEMA PELAYANAN PUBLIK INSTANSI PEMERINTAH (Studi Kasus di Kantor Pertanahan Kota Semarang). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 4Mb |
Abstract
The purpose of this research are to measure the public service performance of Agrarian Office of Semarang City and to appraise customer satisfaction level to know what aspect should be maintained and what aspect whould be improved. Its becauce public service of agrarian office had often complained by the people. The sampling tecnic of this research was accidental sampling. Ouessioners were delivered to 50 respondents. Data tecnic analysis that used in this research was descnptive qualitative-quantitative The result of this research indicated that public service performance of Agrarian Office of Semarang City had a good performance. Although several aspects indicated the good performance, but the others should be improved. There are several aspects that had good performance such as the transparency of procedure information, the transparency of requirement information, the transparency of payment information, easily available to citizen, and the savety of public facilities. There are several aspects that should be improved such as the employess honesty that should be priority to improved. Besides, the time allocation for accomplishment of land certificate is not pmperly implemented, the red tape, no adequate of customer complain system also no adequate of public facilities are still being atmosphere in Agrarian Office of Semarang City. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kineija pelayanan publfic Kantor Pertanahan Kota Semarang dan menilai tingkat kepuasan pelanggan untuk mengetabui maim aspek yang perlu dipertabankan dan mana aspek yang menjadi prioritas untuk diperbaiki. Hal ini dilakukan karena selama ini pelayanan di kantor pertanahan banyak mendapat kelnhan dari masyarakat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling, yaitu responden yang sedang mengurus sertifikasi tanahnya saat ditemui peneliti di lapangan. Kuesioner disebar kepada 50 orang responden. Teknik anntisis data yang digunakan adalah deskriptif. ktmlitatif-kuantitatif Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kinerja Kantor Pertanahan Kota Semarang berada dalam kondisi bagus. Akan tetapi, bagusnya kinerja tersebut masih berbanding tipis dengan batas kinerja yang tidak baaus. Dengan demilcian, walaupun beberapa aspek sudah memperlihatkan kineda yang bagus, tetapi beberapa aspek lainnya masih harus diperbaiki. Beberapa aspek yang kinerjanya sudah bagus antara lain: keterbukaan informasi mengenai prosedur, keterbukaan informasi mengenai persyaratan, keterbukaan informasi mengenai biaya, kemudahan memperoleh pelayanan, kepastian satuan/petugas yang memberikan pelayanan serta keamanan sarana dan fasilitas. Beberapa aspek lainnya yang masih hams diperbaiki kinerjanya antara lain: kejujuran petugas yang menempati umtan pertama prioritas untuk diperbaiki. Di samping itu, waktu penyelesaian yang lidak sesuai dengan standar yang ditetapkan, masih panjang dan berbelit-belitnya alur pelayanan, sistem penanganan keluhan yang tidak memadai serta sarana dan fasilitas pelayanan yang mast]] kurang juga masih mewarnai kondisi pelayanan yang ada di Kantor Pertanahan Kota Semarang..
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Administration Science |
ID Code: | 14752 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 1 |
Deposited On: | 17 Jun 2010 08:45 |
Last Modified: | 17 Jun 2010 08:45 |
Repository Staff Only: item control page