Isrofiyah, Rini (2005) ANALISIS PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN PEMBELI RUMAH DENGAN LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus: pada Perumahan Bumi Pucang Gading Perum Perumnas Regional V). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 1934Kb |
Abstract
This research aims to examine the influence of product differentiation strategy variable to customer satisfaction with environment as moderating variable. This research uses proportional stratified random sampling ,..nd 100 customers at Perumahan Bumi Pucang Gading Perum Perumnas Regional V as respondents. This research uses moderator regression analysis (MRA) and testing hypothesis using t-statistics to test partial regression coefficient and f-statistics to test the significant of simultaneous influence at 5% level of significance. This research also test classic assumption comprising normality test, multicollinearity, and heterocesdasticity test. The data have normal distribution during inspection period. Based multicollinearity and heterocesdasticity test, there is no variable deviate from classic assumption. This thing indicate that the data have fulfilled requirement to use moderator regression analysis equation model. The results of the analysis indicate that there are influence of environment to product specialty, product relevancy, and product reliability with customer satisfaction. Research extension suggested from this research is to add independent variable influencing customer satisfaction because customer satisfaction not only influenced by product specialty, product relevancy and product reliability with environment as moderating variable. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel strategi diferensiasi produk terhadap kepuasan pembeli rumah dengan lingkungan sebagai variabel moderating. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional stratified random sampling, diambil sebanyak 100 responden pada pembeli rumah di Perumahan Bumi Pucang Gading Perum Perumnas Regional V. Teknik analisis yang digunakan adalah moderator regression analysis (MICA) dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji nonnalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan moderator regression analysis. Dari basil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang searah antara lingkungan terhadap keistimewaan produk, kesesuaian produk dan keandalan produk dengan kepuasan pembeli rumah. Perluasan penelitian yang disarankan dari penelitian ini adalah menambah variabel independen yang mempengaruhi kepuasan pembeli rumah. Karena kepuasan pembeli rumah tidak hanya dipengaruhi oleh keistimewaan produk, kesesuaian produk dan keandalan produk dengan lingkungan sebagai variabel moderating.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 14720 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 17 Jun 2010 07:24 |
Last Modified: | 17 Jun 2010 07:24 |
Repository Staff Only: item control page