ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PRODUK DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING SERTA KINERJA PEMASARAN ( Studi Kasus pada Industri Manufaktur di Semarang )

Rahmasari, Lisda (2004) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PRODUK DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING SERTA KINERJA PEMASARAN ( Studi Kasus pada Industri Manufaktur di Semarang ). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2418Kb

Abstract

This research based on difference opinion of the research gap factors which influence the quality of product . The object of this research is manufacturing industry in Semarang. The improvement of quality must be done continuosly to increase the excellent competition and the performance of marketing through the customer growth. The variables influences the quality of product which is used by the previously researcher are : top management commitment, the focus level on customer and the quality of product design. These variables are also used in this research to analyze the significance of the influence toward the quality of product and the impact to the excellent competition and marketing performance. The research of relevant literature has been developed to produce a model consists of 5 hypothesis with 17 observation variables which tested by using structural equation modelling (SEM) with goodness of fit criteria and hypothesis using AMOS 4.0 program, over the interview data of 110 top management of manufacturing company in Semarang ( the sample of this research ). Based on the results from confirmity analysis , it show that " no difference between the matrix covariant sample and the estimated matrix covariant population, and 17 variables significantly are dimention of the latent observation ". Based on full model SEM , it shows that all criteria of goodness of fit has been achieved., all hypothesis are accepted and significant at level 5% . In conclusion the variable of top management commitment, the level focus on customer and the quality of product design can influence the quality of the product and affects the excellent competition and marketing performance . Penelitian ini dilakukan atas dasar perbedaan pandangan penelitian / research gap faktor — faktor yang mempengaruhi kualitas produk dengan objek penelitian di industri manufaktur Semarang. Upaya pebaikan kualitas harus terus dilakukan untuk meningkatkan keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran melalui pertumbuhan pelanggan. Variabel yang mempengaruhi kualitas produk yang telah digunakan beberapa peneliti sebelumnya antara lain komitmen top management, tingkat fokus pada pelanggan dan kualitas desain produk digunakan juga dalam penelitian ini untuk menganalisis signifikansi pengaruhnya terhadap kualitas produk dan dampaknya terhadap keunggulan bersaing serta kinerja pemasaran. Telaah atas literatur — literatur yang relevan telah dikembangkan untuk menghasilkan suatu model terdiri dari 5 hipotesis dan 17 variabel observasi yang diuji menggunakan structural equation modelling (SEM) dengan kriteria goodness-of-fit serta pengujian hipotesis yang dilakukan dengan program AMOS 4.0 atas data yang diperoleh melalui wawancara terhadap 110 top management perusahaan manufaktur di Semarang sebagai Ssampel dalam penelitan ini. Berdasarkan basil analisis konfirmatori telah ditemukan tidak terdapatnya perbedaan antara matriks kovarian sampel dan matriks kovarian populasi yang diestimasi dan 17 variabel observasi secara signifikan merupakan dimensi dari variabel latennya. Dari analisis full model SEM, menghasilkan semua kriteria goodness of fit dapat terpenuhi dan menghasilkan semua hipotesis diterima dan signifikan dengan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian variabel komitmen top management , tingkat fokus pada pelanggan dan kualitas desain produk dapat mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan dan berdampak pada keunggulan bersaing serta kinerja pemasaran.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:14687
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:16 Jun 2010 20:24
Last Modified:16 Jun 2010 20:24

Repository Staff Only: item control page