Firmandjaja, Dolly Andrian (2004) Studi Empiris Keputusan Pembelian Rumah Pada PT. Karyadeka Alam Lestari Semarang. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 1975Kb |
Abstract
As the consequence of a rapid growth in the population --estimated to reach 66.100 million in the year 2000 where most of them live in the urban area-- the need for housing in big cities also has escalated at the same speed. As one of big developers in the city of Semarang, PT Karyadeka Alam Lestari comes to the market with its brand "Bukit Semarang Baru" (BSB), offering the alternative way to live in the Satellite City. To sell the product successfully, BSB puts their best effort to keep the price competitive (plus an easy access for its credit facility), a high level of product quality, and also a high level of management responsiveness to customers' requirements. Unfortunately, in the long run, these qualities seemed to be failed-maintained, as sales figures show a negative output for house selling in the period 2000-2002. Other reasons for this negative growth can be mentioned as well. Severe competition and client's requirement which becomes more complex are just a few to be named amongst those factors. The objective of this study is to analyze how far some strategic elements can influence customer buying decision. The strategic elements studied here are: location strategy, product quality strategy, pricing strategy, and promotion strategy. To support the analysis, the writer use both primary and secondary data Primary data are gathered from a survey among 94 BSB consumers (a proper sample of the resident of Puri Arga Golf, Graha Taman Bunga and Bukit Jatisari Housing), where the secondary data are combined from related academic journals and literatures. The survey result is processed and analyzed by using Regression Analysis Method. The outputs of the study confirm that those variables, namely: location, product quality, price and promotion, have a strong, pbsitive effect on consumer buying decision. The result also demonstrates that all hypotheses proposed in the study are well accepted. Other important finding from the study is: there are still others factors outside these 4 mentioned above (location, product quality; price, promotion), which also play important role in influencing the customer decision. The main 4 variables only represent about 52.2%, where the rest are corresponded to other minor variables. Dengan bertambahnya penduduk dunia yang diperkirakan pada tahun 2000 mencapai 66.100 juta jiwa diantaranya tinggal diperkotaan, menyebabkan kebutuhan rumah daerah perkotaan semakin tinggi. Sebagai salah satu pengembang perumahan yang ada di kota Semarang, PT. Karyadeka Alam Lestari dengan nama kawasan pengembangan " Bukit Semarang Barn" (BSB), mencoba menawarkan alternatif berupa kawasan terpadu yang merupakan kota satelit bagi kota Semarang. Dalam memasarkan produknya pihak BSB menawarkan harga yang kompetitif dan kemudahan pembayaran, dijaganya kualitas produk, serta adanya responsivnes dari manajemen terhadap kebutuhan dan keluhan pelanggan. Namun dalam perjalanannya PT. Karyadeka Alain Lestari belum mampu menjadikan dirinya sebagai pengembang yang memiliki pertumbuhan baik hal ini terlihat dari pertumbuhan penjualan yang negatif dalam kumn waktu tahun 2000-2002, hal ini dapat diperkirakan sebagai akibat banyaknya pesaing atau hal lain dengan semakin kritisnya konsumen dalam menentukan pilihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengandi strategi lokasi, strategi kualitas produk, strategi harga, dan strategi promosi terhadap keputusan pembelian rumah oleh konsumen. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari responden sebanyak 94 sampel yang merupakan konsumen PT. Karyadeka Alam Lestari urituk kawasan Puri Arga Golf, Graha Taman Bunga, dan Bukit Jatisari. Data sekunder diperoleh dari jurnal-jurnal ilmiah dan literatur yang berhubungan dengan penelitian. Analisis dari basil pengisian kuesioner yang disebarkan pada para responden yang merupakan konsumen PT. Karyadeka Adam Lestari dilakukan dengan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel lokasi, kualitas produk, harga, dan promosi berpengarub positif terhadap keputusan pembelian rumah oleh konsumen. Hasil tersebut menunjuldcan bahwa semua hipotesis yang diajukan pada penelitian ini diterima Adapun implikasi dari penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen atau mendukung dalam meningkatkan hasil penjualan PT. Karyadeka Adam Lestari, seperti strategi lokasi, kualitas produk, harga, dan promosi bukan semata-mata sebagai variabel pendorong keputusan pembelian oleh konsumen. Hal ini ditunjukkan dengan hanya 52,20% variasi keputusan pembelian oleh konsumen yang dapat dijelaskan oleh variabel-variabel tersebut. Selain itu perlu juga diperhatikan berbagai faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 14685 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 1 |
Deposited On: | 16 Jun 2010 20:21 |
Last Modified: | 16 Jun 2010 20:21 |
Repository Staff Only: item control page