Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran Dan Kinerja Perusahaan Dengan Lingkungan Persaingan Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Perusahaan Jasa Konstruksi Kelas Kecil Menengah Di Kota Semarang)

Listyarso, Andi (2005) Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran Dan Kinerja Perusahaan Dengan Lingkungan Persaingan Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Perusahaan Jasa Konstruksi Kelas Kecil Menengah Di Kota Semarang). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2661Kb

Abstract

The purpose of this research is to analyze influence of independent variable (marketing strategy) on dependen variable (marketing performance and firm performance) with competitive environment as variable of moderating. Research of this model develop research of Rwelamila and of Lethola (1998) and Man et al. (1996) at company of construction in Australian by enhancing sub variable of relationship and alliance at marketing strategy variable and competitive environment as variable of moderating. This Research model has been tested on small and medium qualification contractors in Semarang Central Java. Semarang was the designated object of research because representing one of the town owning the amount of biggest construction industries that is 2428. Respondent in this research amount to 130 respondent those are the owner or manager firm. For data collecting by using questionnaire to respondent. Analysis technique the used is SEM (structural equation modelling) with AMOS 4.01 software . The result indicated positive and significant relationship between marketing strategy to marketing performance and firm performance. From that result also found that service flexibility and of relationship was marketing strategy sub variable with the strongest influence on marketing performance and firm performance. By using analysis influence of interaction (moderating), the result also found competitive environment is moderating variabel on this relationship between marketing strategy to marketing performance and firm performance. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel independen (strategi pemasaran) terhadap variabel dependen (kinerja pemasaran dan kinerja perusahaan) dengan lingkungan persaingan sebagai variabel moderating. Penelitian model ini mengembangkan penelitian dari Rwelamila dan Lethola (1998) dan Man et al (1996) pada perusahaan jasa konstruksi di Australia. Pada penelitian ini menambahkan sub variabel relationship dan aliansi pada variabel strategi pemasaran dan lingkungan persaingan sebagai variabel moderating. Model penelitian ini diuji pada industri jasa konstuksi kelas kecil¬menengah di Kota Semarang Jawa Tengah. Pemilihan Kota Semarang sebagai obyek penelitian karena merupakan salah satu kota yang memiliki jumlah industri jasa konstruksi terbesar yaitu 2428. Responden dalam penelitian ini berjumlah 130 responden yang merupakan pemilik/manajer perusahaan. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan daftar pertanyaan kepada responden. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM (structural equation modelling) dengan bantuan software AMOS 4.01. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran dan kinerja perusahaan. Dan hasil itu pula ditemukan bahwa fleksibilitas pelayanan dan relationship yang merupakan sub variabel strategi pemasaran adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap kinerja pemasaran dan kinerja perusahaan. Dengan menggunakan analisis pengaruh interaksi (moderating) ternyata lingkungan persaingan tinggi merupakan moderating pada hubungan strategi pemasaran dengan kinerja pemasaran dan kinerja perusahaan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:14657
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:16 Jun 2010 18:06
Last Modified:16 Jun 2010 18:06

Repository Staff Only: item control page