DIANANIGSIH, HARUM IND1NAH (2003) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA (IPO) (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN GO PUBLIK YANG TERDAFTAR DI PT. BEJ TAHUN 1997 - 2001). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 1768Kb |
Abstract
The objective of this study was to test the factors that affecting underpricing in Mailed Offering of listed companies in Jakarta Stock Exchange (ISX) from 1997 to 2001. The Factors were underwriter reputation, stock offering, stock retained old shareholder and listing time. Multiple regression was used to test hypotheses of underwriter reputation, stock offering, stock retained old shareholder and listing time. mere were 67/PO companies selected as final sample. Result of this study showed that the factors affecting underpricing in ,ISK, were underwriter reputation, stock offering, and listing time. However stock retention (lid not have significant effect on underpricing phenomenon. This results had implication that investors should consider ifjOrmation about underwriter reputation, stock offering, and listing time in their IPO investment decision in order to get higher return. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap underpricing pada penawaran perdana dari perusahaan yang listing/tercatat di Bursa Efek Jakarta yang mengalami underpricing pada periode 1997-2001. Regresi berganda digunakan untuk menguji hipotesa faktor reputasi underwriter, besarnya saham yang ditawarkan ke masyarakat, besarnya saham yang ditahan oleh pemilik lama, dan waktu listing. Ada 67 perusahaan yang melakukan IPO dan mengalami underpricing yang dijadikan sample. Hasil dari penelitian ini peneliti rnenunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap underpricing di Bursa Efek Jakarta seperti reputasi underwriter, besarnya saham yang ditawarkan ke publik, besarnya saham yang ditahan oleh pemilik lama, dan waktu listing. tetapl besarnya saham yang ditahan oleh pemilik lama tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap underpricing. Hasil ini memiliki implikasi bahwa sebelum mengambil keputusan untuk investasi, investor harus memiliki informasi tentang reputasi underwriter, saham yang ditawarkan ke publik dan waktu listing, untuk mendapatkan return yang lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 14647 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 1 |
Deposited On: | 16 Jun 2010 17:48 |
Last Modified: | 16 Jun 2010 17:48 |
Repository Staff Only: item control page