HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI ANAK SD DI DAERAH PESISIR KODYA SEMARANG PADA MASA KRISIS MONETER 1998 (Studi Kasus di SDN 2 Bandarharjo Kelurahan Tanjung Emas Kecamatan Semarang Utara)

ROFIKHOH , ROFIKHOH (1999) HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI ANAK SD DI DAERAH PESISIR KODYA SEMARANG PADA MASA KRISIS MONETER 1998 (Studi Kasus di SDN 2 Bandarharjo Kelurahan Tanjung Emas Kecamatan Semarang Utara). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara status gizi dengan tingkat kesegaran jasmani anak SD 2 Bandarharjo, Kelurahan Tanjung Emas Kecamatan Semarang Utara. Dengan jenis penelitian observasional yang bersifat cross sectional, karena data yang diambil dalam penelitian ini dipergunakan untuk menganalisis ciri populasi pada suatu waktu tertentu, yaitu hubungan antara status gizi dengan tingkat kesegaran jasmani anak SD ada masa krisis moneter 1998. hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara status gizi indeks BB/tb pada derajat keprcayaan 95% dengan koefisien korelasi Spearman sebesar = -0,216 (p=0,0310)<0,05; yang berarti semakin tinggi status gizi maka nilai skor tingkat kesegaran jasmani ini apabila Z-skor lebih dari 1 (status gizi lebih). Kemudian dari hasil pengukuran status gizi diperoleh bahwa sebagian besar murid berstatus gizi sedang berdasarkan indeks BB/U dan TB/U. sedangkan dengan indeks BB/tb sebagian murid ber status gizi baik (50%) . adapun pengukuran tingkat kesegaran jasmani menunjukkan bahwa sebagian be4sr murid (63%) termasuk kategori sedang. Dari hasil yang diperoleh ini maka perlu diupayakan usaha peningkatan status gizi murid untuk menunjang perbaikan tingkat kesegaran jasmaninya, antara lain dengan pemberian makanan tambahan (PMT-AS) dan peningkatan aktivitas fisik anak SD dengan olahraga yang teratur. Kata Kunci: STATUS GIZI

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:14447
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:15 Jun 2010 10:24
Last Modified:15 Jun 2010 10:24

Repository Staff Only: item control page