DIABETES MELLITUS GESTASIONAL DENGAN TINJAUAN FAKTOR-FAKTOR RISIKO DIABETES MELLITUS GESTASIONAL DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT DOKTER KARIADI SEMARANG

KUSNANTO, P. (1999) DIABETES MELLITUS GESTASIONAL DENGAN TINJAUAN FAKTOR-FAKTOR RISIKO DIABETES MELLITUS GESTASIONAL DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT DOKTER KARIADI SEMARANG. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1423Kb

Abstract

Diabetes Mellitus merupakan sindroma klinik yang khas ditandai oleh adanya hiperglikemia yang disebabkan oleh defisiensi atau penurunan efektifitas insulin. Pada kehamilan terjadi peningkatan produksi hormon antagonis insulin yang menyebabkan terjadinya resistensi insulin dan peningkatan kadar glukosa darah. Diabetes Mellitus pada kehamilan menyebabkan kehamilan tersebut bersifat diabetogenik, yang mana komplikasi kehamilan sering terjadi baik pada ibu, anak atau waktu persalinan. Sehingga perlu kiranya Diabetes Mellitus Gestasional dicegah dengan cara mengetahui Faktor-faktor Risiko Diabetes Mellitus Gestasional tersebut. OBYEKTIF Untuk mengetahui angka kejadian Diabetes Mellitus Gestasional, dengan tinjauan khusus Faktor-faktor Risiko Diabetes Mellitus Gestasional. METODE PENELITIAN "Cross Sectional Study" terhadap ibu hamil umur kehamilan >1= 20 minggu, bukan Diabetes Mellitus, yang kontrol di poliklinik hamil RSUP Dokter Kariadi Semarang periode penelitian. HASIL PENELITIAN Didapatkan 101 responden, dengan kadar GDP antara 64-99 mg/dL, X2=79,96+6,92 dan GDPP antara 78-183 mg/dL, X2=119,63+19,54. Angka kejadian DMG sebanyak 10,9%, Beberapa Faktor Risiko DMG pada penelitian ini• umur ibu >1= 30 tahun, obesitas / overweight, hipertensi, dislipidemia, umur kehamilan 26-30 dan >1= 36 minggu, meningkatnya jumlah ic.ehamilan/melahirkan/keguguran, riwayat DM dalam Keluarga,ibu hamil dengan riwayat tidak minum jamu KONKLUSI Angka kejadian DMG 10,9%, dengan Faktor Risiko DMG : umur ibu >1= 30 tahun, obesitas / overweight, hipertensi, dislipidemia, umur kehamilan 26-30 dan >/= 36 minggu, meningkatnya jumlah kehamilan/melahirkan/keguguran, riwayat DM dalam Keluarga, ibu hamil dengan riwayat tidak minum jamu.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Biomedical Science
ID Code:14296
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:14 Jun 2010 13:07
Last Modified:14 Jun 2010 13:07

Repository Staff Only: item control page