FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGA KONSUMSI TABLET BESI (Fe) IBU HAMIL (STUDI DI PUSKESMAS KENDAL II KABUPATEN KENDAL)

SIAMINTARSIH, DWI (2000) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGA KONSUMSI TABLET BESI (Fe) IBU HAMIL (STUDI DI PUSKESMAS KENDAL II KABUPATEN KENDAL). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
15Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Di Jateng angak cakupan tablet Fe sebesar 55,11% pada tahun 1992 turun menjadi 44,25 pada tahun 1993 sedangkan cakupan secara nasional dari 42,10% turun menjadi 35,48%. Evalusasi UPGk tahun 1982 menunjukkan bahwa kegunaan dan pemanfaatan tablet Fe belum diketahui oleh sasaran dengan baik. Program pemberia tablet Fe masih mengalami kendala terutama menyangkut distribusi sampai pada sasaran dan meskipun tablet Fe telah diberikan pada ibu hamil tetapi belum dapat dipastikan apakah tablet Fe tersebut dimakan oleh ibu hamil atau tidak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui beberapa faktor yang emmpengaruhi konsumsi variabel terikat dan variabel bebas melalui pengujian hipotesa. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan cross sectional. Analisa yang dilakukan adalah diskripsi dan statistik denga Fisher Wxace. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 80% responden mempunyai kemampuan konsumsi tablet Fe sesuai anjuran Depkes 56,6% responden mempunyai pendidikan tidak sukses. 70% responden mempunyai pengetahuan baik. 66,6% responden mendapatkan motivasi dari keluarga. 86,6% responden mendapatkan motivasi dari tenaga kesehatan. Setaelah dianalisis dengan uji korelasi Fisher exace diperoleh hasil: 1. ada hubungan bermakna antara: a. pendidiakn dengan konsumsi tablet Fe iblu hamil (Pvalue=0,024) b. pengetahuan dengan konsumsi tablet Fe ibu hamil (Pvalue=0,049) 2. tidak ada hubungan yang bermakna antara a. motivasi dari keluarga dengan konsumsi tablet Fe ibu hamil (Pvalue=0,372) b. motivasi dari tenaga kesehatan dengan konsumi tablet Fe (Pvalue=0,0557) dalam penelitian ini walaupun motivasi dari tenaga kesehatan dan motivasi darikeluarga tidak ada hubungan yang bermakna dengan konsumsi tablet Fe ibu hamil , tetapi perilaku untuk positif dari keluarga dan tenaga kesehatan perlu untuk dipertahankan danperlud itingkatkan pengetahuannnya agar dapat lebih meningkatakan konsumsi tablet Fe ibu hamil. Bagi peneliti lain, hendaklah lebih memeprhatiakn faktor faktor yang mempengaruhi konsumsi tablet Fe pada ibu hamil dengan mengkontrol variabel variabel yang tidak diteliti. Bagi perencana program , hendaknya lebih terpacu untuk bekerja keras lagi dengan melihat hasil dari penelitian ini, karena masih ada 20% ibu hamil yang ttidak mampu menghabiskan Fe sebagaimana diprogramkan. Kata Kunci: KONSUMSI TABLET Fe, PENGETAHUAN, PENDIDIKAN, MOTIVASI

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:14277
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:14 Jun 2010 12:23
Last Modified:14 Jun 2010 12:23

Repository Staff Only: item control page