HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU TENTANG ASI DENGAN PEMBERIAN KOLOSTRUM DAN ASI EKSLUSIF (STUDI DI DESA TIDU, KECAMATAN BUKATEJA, KABUPATEN PURBALINGGA)

SUSANTI , RATNA (2000) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU TENTANG ASI DENGAN PEMBERIAN KOLOSTRUM DAN ASI EKSLUSIF (STUDI DI DESA TIDU, KECAMATAN BUKATEJA, KABUPATEN PURBALINGGA). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Salah satu praktek pemberian ASI yang tepat dan sesuai dengan perkembangan fisiologis bayi adalah dengan pemberian kolostrum dan ASI ekslusif pada bayi sampai usia 4 bulan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu tentang ASI dengan pemberian kolostrum dan ASI ekslusif. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei yang menjelaskan Explanatory research hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat melalui pengujian hipotesis. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan cross sectional. Sampel adalah semua ibu yang mempunyai bayi antara 4-7 bulan dan tercatat sebagai penduduk Desa Tidu sebanyak 32 orang yang diambil secara purposive sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi serta pemberian kolostrum dan ASI ekslusif menggunakan metode wawancara berdasrkan kuesioner yang disusun sesuai tujuan penelitian. Uji yang digunakan adalah uji Fisher Exact Test. Hasil penelitian menunjukkan besar pendidikan responden tergolong rendah, pengetahuan ASI kurang, pada umumnya memberikan kolostrum, tetapi yang memberikan ASI eksklusif hanya 28,1%. tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu dan pengetahuan tentang ASI dengan pemberian kolostrum, ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu dan pengetahuan tentang ASI dengan pemberian ASI ekslusif. Saran yang dapat disampaikan adalah perlunya peningkatan kegiatan penyuluhan ASI ekslusif oleh bidan Desa aupun tenaga kesehatan ditingkat Posyandu serta Puskesmas guna mendorong ibu pada saan ANC (Ante Natal Care) agar nanti pada waktu bayinya lahir mau dan mampu memberikan ASI ekslusif. Kata Kunci: PENDIDIKAN, PENGETAHUAN GIZI, KOLOSTRUM, ASI EKSLUSIF

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:14255
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:14 Jun 2010 09:03
Last Modified:14 Jun 2010 09:03

Repository Staff Only: item control page