Pengaruh Pemberian Ekstrak Jintan Hitam (Nigella sativa) terhadap Respon Proliferasi Limfosit Limpa Mencit Balb/C yang Diinfeksi Salmonella typhimurium

Khasanah, Nur (2009) Pengaruh Pemberian Ekstrak Jintan Hitam (Nigella sativa) terhadap Respon Proliferasi Limfosit Limpa Mencit Balb/C yang Diinfeksi Salmonella typhimurium. Undergraduate thesis, Medical Faculty.

[img]
Preview
PDF
113Kb

Official URL: http://www.fk.undip.ac.id

Abstract

Latar belakang: Minyak Nigella sativa memiliki efek meningkatkan respon imun yang dimediasi sel T dan sel NK, ratio Th:Ts dan pertumbuhan sel B􀀑􀀃􀀃Infeksi Samonella typhimurium menimbulkan respon imun seluler berupa proliferasi limfosit. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian ekstrak Nigella sativa terhadap respon proliferasi limfosit limpa mencit Balb/C yang diinfeksi Salmonella typhimurium. Metode: Penelitian ini menggunakan “Randomized Post Test Only Control Group Design”. Sampel terdiri dari 36 ekor mencit Balb/C yang dibagi acak menjadi 6 kelompok: kelompok K(-) (hanya diberi pakan standar dan polyethylene glycol/PEG), K(+)NS (diberi ekstrak N. Sativa 5.2 mg/hari), K(+)ST (diinfeksi S. typhimurium), P1,P2 dan P3 masing-masing diberi ekstrak N. sativa 0.52 mg/hari, 5.2 mg/hari dan 52 mg/hari serta diinfeksi S. typhimurium. Ekstrak N. sativa dilarutkan dalam PEG dan diberikan selama 15 hari, S. typhimurium diinjeksikan pada hari ke-11, pada hari ke-16 dilakukan dekapitasi mencit, dan dilakukan pemeriksaan berat limpa dan jumlah limfoblas per 200 sel limpa. Data diji dengan uji Anova. Hasil: Hasil uji statistik Anova menunjukkan terdapat perbedaan bermakna jumlah relatif limfoblas antara kelompok K(-) dengan K(+)NS, K(+)ST, P1,P2,dan P3; antara K(+)NS dengan P1 dan P2; antara K(+)ST dengan P1 dan P2; antara P1 dengan P3; serta antara P2 dengan P3 (p<0.05). Kesimpulan: Pemberian ekstrak N. sativa dosis 0.52 mg dan dosis 5.2 mg lebih efektif dari pada dosis 52 mg dalam meningkatkan jumlah relatif limfoblas mencit Balb/C yang diinfeksi S. typhimurium. Terdapat penurunan jumlah relatif limfoblas sesuai kenaikan dosis ekstrak N. Sativa.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Nigella sativa, proliferasi limfosit, Salmonella typhimurium1
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:14236
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Jun 2010 12:32
Last Modified:12 Jun 2010 12:32

Repository Staff Only: item control page