Pengaruh Pemberian Ekstrak Minyak Jintan Hitam (Nigella Sativa)Terhadap Perubahan Histopatologis Hepar Mencit Balb/c Yang Diinfeksi Salmonella Typhimurium

Permata, Mayang Kautsarita (2009) Pengaruh Pemberian Ekstrak Minyak Jintan Hitam (Nigella Sativa)Terhadap Perubahan Histopatologis Hepar Mencit Balb/c Yang Diinfeksi Salmonella Typhimurium. Undergraduate thesis, Medical Faculty.

[img]
Preview
PDF
112Kb

Official URL: http://www.fk.undip.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Jintan hitam (Nigella sativa) merupakan tanaman tradisional yang mengandung thymoquinon yang mempunyai fungsi sebagai hepatoprotektor. Salmonella typhimurium merupakan bakteri yang mempunyai kemampuan untuk hidup dan berkembang biak di dalam makrofag akan melalui sistem porta untuk sampai di hepar dan akhirnya merusak sel-sel hepar. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak minyak Nigella sativa terhadap gambaran histopatologis hepar mencit balb/c yang diinfeksi Salmonella typhimuriium. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Post Test Only Control Group Design. Tiga puluh enam ekor mencit balb/c dibagi menjadi 6 kelompok. Kelompok kontrol (-) hanya diberi pakan standar. Kelompok kontrol (+)Nigella Sativa hanya diberi ekstrak Nigella sativa dosis 5,2mg/hr. Kelompok kontrol (+) Salmonella Typhimurium diinfeksi Salmonella typhimurium. Kelompok perlakuan 1,2 dan 3 diberi ekstrak minyak Nigella sativa dengan dosis bertingkat 0,52mg; 5,2mg dan 52mg. Setelah 10 hari, mencit diinfeksi dengan Salmonella typhimurium. Kemudian pada hari ke 16 semua mencit diterminasi dan diambil organ heparnya. Hasil: Didapatkan perubahan gambaran histopatologik hepar berupa degenerasi parenkimatosa, degenerasi hidropik sampai dengan nekrosis dengan derajat kerusakan terbesar pada kelompok perlakuan yang diberikan ekstrak Nigella sativa dengan dosis 0,52mg/hr. Kesimpulan: Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan histopatologis dengan perbedaan bermakna (p < 0,05) antar kelompok kontrol dengan kelompok perlakuan dan antar masing-masing kelompok perlakuan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Nigella sativa, Salmonella typhimurium, histopatologis hepar
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:14235
Deposited By:Mr. Kedokteran Admin
Deposited On:12 Jun 2010 12:29
Last Modified:12 Jun 2010 12:29

Repository Staff Only: item control page