Pengaruh Pemberian Ekstrak Sponge Haliclona sp terhadap Aktivitas Proliferasi Sel dengan Metode Hitung AgNOR pada Sel Adenocarcinoma Mammae Mencit C3H

Sijabat, Lanceria (2009) Pengaruh Pemberian Ekstrak Sponge Haliclona sp terhadap Aktivitas Proliferasi Sel dengan Metode Hitung AgNOR pada Sel Adenocarcinoma Mammae Mencit C3H. Undergraduate thesis, Medical Faculty.

[img]
Preview
PDF
1125Kb

Official URL: http://www.fk.undip.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Kanker payudara merupakan keganasan yang paling sering dialami wanita di dunia. Sponge Haliclona sp merupakan salah satu biota laut yang kaya akan metabolit aktif, salah satunya sebagai antikanker yang telah diteliti secara in vitro. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian ekstrak sponge Haliclona sp dalam dosis bertingkat terhadap aktivitas proliferasi sel adenocarcinoma mammae mencit C3H yang direpresentasikan dalam hitung AgNOR. Metode: Penelitian eksperimental Post Test Only Control Group Design dilakukan pada dua puluh mencit C3H yang dibagi secara random menjadi empat kelompok. Tiga kelompok perlakuan (H1, H2, dan H3) diberi pakan perlakuan sebanyak 500 mg yang masing-masing mengandung ekstrak etanol dari sponge Haliclona sp sebanyak 0,15; 1,5; dan 15 mg. Kelompok Kontrol (K) hanya menerima pakan standard. Setelah tiga minggu masa perlakuan, adenocarcinoma mammae diinokulasikan pada seluruh mencit. Perlakuan dilanjutkan selama tiga minggu berikutnya. Pemeriksaan hitung AgNOR dilakukan terhadap preparat jaringan tumor mencit dengan parameter rerata AgNOR (mAgNOR) dan persentase AgNOR (pAgNOR). Hasil: Median dari mAgNOR kelompok H3 sebesar 3,190 paling rendah dibandingkan dengan kelompok lain, berturut-turut ke median yang tertinggi adalah H1(3,195); H2(3,450); K(4,070). Rerata dari pAgNOR kelompok H3 sebesar 19,80 paling rendah dibandingkan dengan kelompok lain, berturut-turut ke rerata yang tertinggi adalah H1(25,40); K(34,40); H2( 38,40 ). Tidak terdapat perbedaan bermakna skor mAgNOR( p=0,062 ) dan pAgNOR( p=0,152 ) antar kelompok. Simpulan: Ekstrak sponge Haliclona sp tidak terbukti secara bermakna menghambat aktivitas proliferasi sel dengan metode hitung AgNOR pada sel adenocarcinoma mammae mencit C3H.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Sponge Haliclona sp, aktivitas proliferasi, rerata AgNOR, persentase AgNOR, adenocarcinoma mammae
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:14233
Deposited By:Mr. Kedokteran Admin
Deposited On:12 Jun 2010 12:23
Last Modified:12 Jun 2010 12:23

Repository Staff Only: item control page