Pengaruh Pemberian Seduhan Teh Hitam Dosis Bertingkat Terhadap Aktivitas Fagositosis Makrofag Mencit Balb/C Yang Diinokulasi Salmonella typhimurium

Pantas, Florida M. (2009) Pengaruh Pemberian Seduhan Teh Hitam Dosis Bertingkat Terhadap Aktivitas Fagositosis Makrofag Mencit Balb/C Yang Diinokulasi Salmonella typhimurium. Undergraduate thesis, Medical Faculty.

[img]
Preview
PDF
136Kb

Official URL: http://www.fk.undip.ac.id

Abstract

Latar belakang : Teh (Camellia sinensis) merupakan minuman yang tidak asing lagi bagi manusia di belahan dunia manapun. Dimana salah satu bentuk teh ini adalah teh hitam yang merupakan hasil oksidasi enzimatik.Teh hitam mengandung beberapa bahan aktif yang diduga dapat meningkatkan aktivitas fagositosis makrofag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian seduhan teh hitam dengan dosis bertingkat terhadap aktivitas fagositosis makrofag. Metoda : Jenis penelitian dengan desain the post test only control group terhadap mencit balb/c jantan yang diinokulasi kuman Salmonella typhimurium. Sampel terdiri dari 20 ekor mencit yang dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu 1 kelompok kontrol, yang hanya diberi pakan standar dan diinokulasi Salmonella typhimurium dan 3 kelompok perlakuan yang diberi tambahah seduhan teh hitam dengan dosis 12mg/cc/hari untuk kelompok perlakuan I, 24 mg/cc/hari untuk kelompok perlakuan II, dan 48 mg/cc/hari untuk kelompok perlakuan III selama 14 hari. Aktivitas fagositosis dihitung dalam bentuk indeks fagositosis Hasil : Terdapat perbedaan bermakna antara indeks fagositosis makrofag pada kelompok Kontrol dan kelompok perlakuan 1 (p=0,028), antara Kontrol dan kelompok perlakuan 2 (p=0,09), antara kelompok perlakuan 1 dan kelompok perlakuan 2 (p=0,009), antara kelompok perlakuan 1 dan kelompok perlakuan 3 (p=0,028), antara kelompok perlakuan 2 dan kelompok perlakuan 3 (p=0,009). Sedangkan antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan P3 (p=0,117) tidak terdapat perbedaan yang bermakna. Kesimpulan : Pada pemberian seduhan teh hitam didapatkan peningkatan fagositosis makrofag yang bermakna pada mencit Balb/c kelompok P1 dengan dosis pemberian 12 mg/cc/hari dan kelompok P2 dengan dosis pemberian 24 mg/cc/hari selama 14 hari.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Teh hitam, fagositosis makrofag
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:14228
Deposited By:Mr. Kedokteran Admin
Deposited On:12 Jun 2010 11:25
Last Modified:12 Jun 2010 11:25

Repository Staff Only: item control page