Pengaruh pemberian seduhan teh hitam (Camellia sinensis) dosis bertingkat terhadap produksi NO makrofag mencit BALB/c yang diinokulasi Salmonella typhimurium

Maria, Aurelia (2009) Pengaruh pemberian seduhan teh hitam (Camellia sinensis) dosis bertingkat terhadap produksi NO makrofag mencit BALB/c yang diinokulasi Salmonella typhimurium. Undergraduate thesis, Medical Faculty.

[img]
Preview
PDF
85Kb

Official URL: http://www.fk.undip.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Teh hitam (Camellia sinensis) merupakan minuman populer di dunia yang dapat meningkatkan respon imun selama infeksi bakteri intrasel. Teh hitam mengandung senyawa (katekin, teaflavin, thearubigin) yang dapat meningkatkan produksi NO makrofag. Tujuan : Menilai pengaruh seduhan teh hitam (Camellia sinensis) terhadap produksi NO makrofag mencit BALB/c yang diinokulasi Salmonella typhimurium. Metode : Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan rancangan the post test only control group design pada mencit BALB/c yang terdiri dari 20 ekor mencit jantan, dibagi menjadi 4 kelompok. K merupakan kelompok kontrol yang diinfeksi Salmonella typhimurium, dan kelompok perlakuan (P1, P2, P3) yang diberi seduhan teh hitam (Camellia sinensis) dengan dosis bertingkat (12 mg; 24 mg; 48 mg) selama 14 hari yang diinokulasi Salmonella typhimurium pada hari ke-9 dengan dosis 103. Pada hari ke-15 diambil makrofag intra peritoneal kemudian dihitung konsentrasi NO dengan metode modifikasi Griess. Hasil : Dengan analisa statistik didapatkan perbedaan bermakna antara kelompok K-P1 (p=0,016), K-P2 (p=0,004), K-P3 (p=0,016). Sedangkan antara kelompok P1-P2 (p=0,547), P1-P3 (p=0,793), dan kelompok P2-P3 (p=0,733) tidak didapatkan perbedaan yang bermakna. Kesimpulan : Terdapat penurunan produksi NO makrofag mencit BALB/c yang diinokulasi Salmonella typhimurium pada pemberian seduhan teh hitam (Camellia sinensis) dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Camellia sinensis, produksi NO makrofag, Salmonella typhimurium
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:14226
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Jun 2010 10:50
Last Modified:12 Jun 2010 10:50

Repository Staff Only: item control page