Pengaruh Pemberian Ekstrak Jintan Hitam (Nigella sativa) terhadap Produksi NO Makrofag Mencit Balb/c yang Diinfeksi Salmonella typhimurium

Sari, Ariestya Indah Permata (2009) Pengaruh Pemberian Ekstrak Jintan Hitam (Nigella sativa) terhadap Produksi NO Makrofag Mencit Balb/c yang Diinfeksi Salmonella typhimurium. Undergraduate thesis, Medical Faculty.

[img]
Preview
PDF
196Kb

Official URL: http://www.fk.undip.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Makrofag yang teraktivasi pada infeksi mikroorganisme intraseluler dapat meningkatkan produksi nitric oxide (NO). Nigella sativa (jintan hitam) dilaporkan memiliki efek imunomodulator dalam meningkatkan produksi sitokin yang mempengaruhi aktivasi makrofag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak Nigella sativa terhadap produksi NO makrofag mencit Balb/c yang diinfeksi Salmonella typhimurium. Metode: Penelitian eksperimental dengan post test only control group design ini menggunakan 36 mencit Balb/c sebagai sampel penelitian. Setelah diadaptasikan selama seminggu, mencit dibagi secara acak ke dalam enam kelompok: K(-) hanya diberi pakan standar dan pelarut PEG (polyethileneglycol); K(+)ST (Salmonella) diberi PEG dan diinokulasi Salmonella typhimurium; K(+)NS (Nigella sativa) diberi ekstrak Nigella sativa (dilarutkan dalam PEG) dosis 5,2 mg/hari; serta P1, P2, dan P3 diberi ekstrak Nigella sativa dosis 0,52 mg/hari, 5,2 mg/hari, dan 52 mg/hari selama 15 hari dan diinokulasi Salmonella typhimurium pada hari ke-11. Pada hari ke-16 semua mencit didekapitasi kemudian makrofag diisolasi dari cairan peritoneum. Produksi NO diperiksa dari hasil kultur makrofag dengan menggunakan ELISA reader. Data yang didapat diuji normalitasnya dengan Saphiro Wilk test kemudian dianalisa dengan uji Kruskal Wallis dan dilanjutkan dengan uji beda Mann Whitney. Hasil: Produksi NO makrofag mencit kelompok kontrol K(+)NS dan kelompok perlakuan P2 merupakan yang paling tinggi di antara semua kelompok, sedangkan produksi NO paling rendah ditunjukkan oleh kelompok perlakuan P1 dan P3. Perbedaan bermakna terdapat pada produksi NO makrofag mencit antar semua kelompok kecuali antara kelompok perlakuan P1 dengan P3 (p=0,146). Kesimpulan: Ekstrak Nigella sativa dosis 5,2 mg/hari dapat meningkatkan produksi NO makrofag mencit Balb/c yang diinfeksi Salmonella typhimurium.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Ekstrak Nigella sativa, Nitric oxide (NO) makrofag, sistem imun seluler.
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:14225
Deposited By:Mr. Kedokteran Admin
Deposited On:12 Jun 2010 09:43
Last Modified:12 Jun 2010 09:43

Repository Staff Only: item control page