PENGARUH LAMA PERENDAMAN GIGI DENGAN JUS BUAH PIR (Pyrus communis) TERHADAP PERUBAHAN WARNA GIGI PADA PROSES PEMUTIHAN GIGI SECARA IN VITRO

Adiyanto, Intan Oktaviana (2009) PENGARUH LAMA PERENDAMAN GIGI DENGAN JUS BUAH PIR (Pyrus communis) TERHADAP PERUBAHAN WARNA GIGI PADA PROSES PEMUTIHAN GIGI SECARA IN VITRO. Undergraduate thesis, Medical Faculty.

[img]
Preview
PDF
91Kb

Official URL: http://www.fk.undip.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Diskolorisasi gigi (perubahan warna gigi) menimbulkan upaya untuk memutihkan gigi dan Hidrogen Peroksida (H2O2) merupakan salah satu bahan oksidasi yang sering digunakan. Lama pemakaian bahan (waktu kontak) merupakan salah satu faktor dapat mempengaruhi proses pemutihan gigi. H2O2 yang terdapat dalam buah pir melalui radikal bebas reaktif yang dihasilkannya berefek pada proses pemutihan gigi. Tujuan penelitian : Untuk mengetahui pengaruh lama perendaman gigi dengan jus buah pir terhadap perubahan warna gigi pada proses pemutihan gigi secara in vitro. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental secara in vitro dengan rancangan Pre-Post Test Controlled Group Design dengan gigi sebagai sampel penelitian. Terdapat 3 kelompok perlakuan, masing-masing 5 gigi per kelompok. Sampel gigi direndam dengan jus buah pir selama 24, 48 dan 72 jam. Pengukuran warna gigi dengan spectrophotometer dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil yang didapat adalah nilai dE*ab. Selisih nilai dE*ab sebelum dan sesudah perlakuan dianalisis dengan program SPSS 16,00 dengan uji non parametrik Kruskal-Wallis. Hasil : Hasil uji non parametrik Kruskal-Wallis menunjukkan p=0,379 (p>0,05) yang berarti pengaruh lama perendaman terhadap perubahan warna gigi tidak bermakna. Kesimpulan : Tidak ada pengaruh lama perendaman gigi dengan jus buah pir (Pyrus communis) terhadap perubahan warna gigi pada proses pemutihan gigi secara in vitro.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Jus pir , Hidrogen peroksida (H2O2), lama perendaman, perubahan warna gigi
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:14222
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Jun 2010 09:26
Last Modified:12 Jun 2010 09:26

Repository Staff Only: item control page