Aktifitas Employee Relations Humas PT PLN (Persero) APJ Semarang dalam Menjalin Hubungan Baik dengan Karyawan Outsorching

Febriana, Widia (2010) Aktifitas Employee Relations Humas PT PLN (Persero) APJ Semarang dalam Menjalin Hubungan Baik dengan Karyawan Outsorching. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
74Kb

Abstract

Satu hal yang tidak dapat dipungkiri oleh suatu perusahaan, bahwa karyawan memegang suatu peranan penting dalam menjalankan kehidupan perusahaan sehari-hari. Produktifitas kerja yang tinggi dapat membawa kemajuan bagi perusahaan. Untuk mewujudkan hal tersebut, berbagai upaya dilakukan, salah satunya dengan Employee Relations. Berbagai macam aktifitas Employee Relations dilaksanakan PT PLN (Persero) APJ Semarang untuk menjalin suatu hubungan baik dengan para karyawannya. Seperti yang dimuat pada artikel koran Suara Merdeka, 30 Juli 2009 yang memberitakan adanya demo oleh karyawan Pencatat Meter di kantor PT PLN (Persero) APJ Semarang, menunjukkan bahwa adanya kesalahpahaman serta ketidakharmonisan komunikasi pada internal PT PLN (Persero) APJ Semarang. Maka tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mendiskripsikan aktifitas Employee Relations yang dilakukan PT PLN (Persero) APJ Semarang serta untuk mengetahui bagaimana keterlibatan karyawan outsourching dalam setiap programnya. Konsep yang mendasari penelitian ini adalah teori yang diungkapkan oleh Rusady Ruslan mengenai program-program Aktifitas Employee Relations, yakni program Pendidikan dan Pelatihan, program Motivasi Kerja Berprestasi, program Penghargaan, program Acara Khusus dan program Media Komunikasi Internal.Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh secara langsung dari narasumber yaitu Humas, seorang pegawai tetap dan seorang pegawai outsourching dengan menggunakan interview guide yang dilakukan secara mendalam. Dari hasil penelitian yang diperoleh dari wawancara dengan Humas PT PLN (Persero) APJ Semarang dalam membina hubungan baik dengan karyawannya, PT PLN (Persero) APJ Semarang telah menerapkan aktifitas Employee Relations dalam 5 program, yakni program Pendidikan dan Pelatihan, program Motivasi Kerja Berprestasi, program Penghargaan, program Acara Khusus dan program Media Komunikasi Internal. Berdasarkan temuan penelitian, para pegawai PT PLN (Persero) APJ Semarang menyambut baik dan turut berperan dalam setip aktifitas Employee Relations yang dijalankan. Namun, terdapat minimnya keterlibatan dari karyawan outsourching. Hal ini dikarenakan segala urusan yang melibatkan karyawan outsourching merupakan tanggung jawab PT swasta yang menaungi mereka. Kendala ini dapat diatasi dengan lebih melibatkan karyawan outsourching dalam setiap aktifitas Employee Relations di PT PLN (Persero) APJ Semarang dengan cara memberikan surat pemberitahuan atas aktifitas Employee Relations yang akan dijalankan kepada PT swasta yang menaungi karyawan outsourching dan mewajibkan mereka untuk berperan di dalamnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:14214
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:11 Jun 2010 15:22
Last Modified:11 Jun 2010 15:22

Repository Staff Only: item control page