Kegiatan Public Relations Hotel Sahid Jaya Solo dalam Menjalin Hubungan dengan Pers

Ana Isnawati, Tri (2008) Kegiatan Public Relations Hotel Sahid Jaya Solo dalam Menjalin Hubungan dengan Pers. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
82Kb

Abstract

Hotel Sahid Jaya Solo resmi menyandang predikat Hotel Bintang 5 sejak tanggal 8 Juli 2007. Untuk menjaga eksistensi perusahaan dimata khalayak, manajemen Hotel Sahid Jaya Solo melakukan kegiatan promosi dan publikasi. Kegiatan promosi dan publikasi merupakan bagian utama dari pekerjaan seorang Public Relations Officer. Tidak dapat dipungkiri bahwa pers adalah pihak yang sangat membantu dalam kegiatan promosi dan publikasi. Untuk memperlancar kegiatan tersebut, menjalin hubungan yang baik dengan pers menjadi sebuah hal yang utama bagi Public Relations Officer Hotel Sahid Jaya Solo. Oleh karena itu, Public Relations Officer Hotel Sahid Jaya Solo melakukan beberapa kegiatan untuk mempererat jalinan kerjasama dengan pers. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan Public Relations Hotel Sahid Jaya Solo dalam menjalin hubungan dengan pers. Hubungan pers adalah usaha untuk mencapai publikasi atau penyiaran yang maksimum atas suatu pesan atau informasi Public Relations dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman bagi khalayak dari organisasi atau perusahaan yang bersangkutan. (Jefkins, 1997 : 113 ). Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan nara sumber bagian Public Relations, Departemen Marketing Hotel Sahid Jaya Solo. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Interview Guide, sedangkan teknik yang digunakan adalah dengan pengolahan data kualitatif. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa pers memiliki arti yang sangat penting dalam kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Kegiatan promosi dan publikasi akan menjadi lebih mudah dengan dukungan dan bantuan dari pers. Dalam menjalin hubungan dengan pers, Hotel Sahid Jaya Solo melakukan beberapa kegiatan rutin yaitu Press Gathering, dan Morning Tea With Pers. Kegiatan lain yang dilakukan Public Relations Officer Hotel Sahid Jaya Solo adalah mengirim Press Release ke media, melakukan kunjungan media, mengundang pers, serta Press Greeting. Kegiatan tersebut terbukti efektif menjaga eksistensi perusahaan dimata khalayak. Dengan mengirim Press Release, setidaknya masyarakat selalu mendapatkan informasi mengenai kegiatan atau promo terbaru yang dihadirkan. Untuk menjaga hubungan yang baik dengan pers, pihak manajemen Hotel Sahid Jaya Solo melakukan beberapa bentuk kerjasama dengan pers. Misalnya dengan mengikuti tawaran sponsorship atau dengan membuat kerjasama saling menguntungkan dengan pers. Dengan bersikap terbuka kepada pers, maka pihak pers merasa dihargai dan tidak segan untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan. Pers juga menilai kegiatan – kegiatan tersebut telah dapat menunjukkan bentuk perhatian dan kepedulian Hotel Sahid Jaya Solo terhadap pers. Sikap proaktif seorang Public Relations Officer juga diperlukan dalam usaha menjaga hubungan baik dengan pers.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:14212
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:11 Jun 2010 15:14
Last Modified:11 Jun 2010 15:14

Repository Staff Only: item control page