Aktivitas Marketing Communication Dalam Meningkatkan Branding Harian Seputar Indonesia Melalui Penyelenggaraan Event di Kota Semarang.

Siname, Pi Tarulia (2010) Aktivitas Marketing Communication Dalam Meningkatkan Branding Harian Seputar Indonesia Melalui Penyelenggaraan Event di Kota Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
77Kb

Abstract

Persaingan industri media cetak semakin meningkat ditambah banyaknya media cetak baru yang bermunculan dan semakin menyemarakan persaingan. Salah satu dari media cetak baru tersebut adalah Harian Seputar Indonesia, yang muncul sebagai koran nasional, di tengah para kompetitornnya seperti Kompas dan Jawa Pos yang lebih mapan dan telah dikenal oleh masyarakat. Hal ini berbeda dengan Harian Seputar Indonesia yang brandingnya sendiri masih kurang dikenal khususnya masyarakat Kota Semarang. Tidak hanya itu saja adanya perubahan logo, slogan, dan nama sebutan bagi Harian Seputar Indonesia, yang awal terbitnya dengan sebutan SINDO kini telah berubah menjadi Harian Seputar Indonesia (SI) dan dalam perubahan logo ini banyak sekali masyarakat umum yang belum mengetahui dan menyadarinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktifitas marketing communication Harian Seputar Indonesia dalam meningkatkan branding melalui penyelenggaraan event di kota Semarang. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif yakni dengan melakukan interview terhadap 3 responden yang berasal dari para peserta event yang diselenggarakan Harian SI. Hasilnya dapat disimpulkan bahwa, kurangnya awareness masyarakat terhadap branding, menurut responden dikarenakan sebagian besar masyarakat Semarang belum banyak mengetahui bentuk fisik Harian Seputar Indonesia secara langsung. Sebagian besar responden belum mengetahui bila sebutan untuk Harian Seputar Indonesia telah diubah dari SINDO menjadi Harian Seputar Indonesia (SI). Staf komunikasi pemasaran Harian SI telah melakukan program komunikasi pemasaran yang salah satunya adalah event. Event yang diselenggarakan juga terbagi dari beberapa jenis event. Namun demikian para responden beranggapan bahwa, apabila event yang diselenggarakan selama ini bertujuan untuk meningkatkan branding dirasa kurang berpengaruh, karena event yang diselenggarakan merupakan event yang kecil-kecil dan bukan merupakan event internal Harian SI.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:14208
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:11 Jun 2010 15:01
Last Modified:11 Jun 2010 15:01

Repository Staff Only: item control page