AULIA, NOORMA (2010) PERAN HUMAS KOPERASI SIMPAN PINJAM JASA (KOSPIN JASA) PEKALONGAN DALAM MENJALIN MEDIA RELATIONS. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF 93Kb |
Abstract
Media merupakan alat pendukung atau media kerjasama baik untuk kepentingan publikasi, maupun untuk publisitas berbagai kegiatan program kerja suatu organisasi atau perusahaan. Selain itu media juga berfungsi untuk kelancaran aktivitas komunikasi Humas dengan publiknya. Pengelolaan media relations yang dilakukan oleh Humas akan mempengaruhi opini publik terhadap perusahaan. Hal tersebut yang menjadi alasan dilakukanya penelitian mengenai Peran Humas Koperasi Simpan Pinjam Jasa (Kospin Jasa) Pekalongan Dalam Menjalin Media Realtions. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Humas dalam menjalin media relations. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan alat pengumpulan data berupa interview guide. Narasumber dalam penelitian ini ialah Humas Kospin Jasa Pekalongan dan Wartawan Surat Kabar Suara Merdeka. Bentuk analisis dilakukan secara kualitatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Humas Kospin Jasa sadar akan pentingnya keberadaan media dalam perusahaan yang diwakilinya. Oleh karena itu Humas melakukan kerjasama dengan media cetak dan elektronik, baik lokal maupun nasional. Dalam kegiatan di Kospin Jasa media sering dilibatkan, seperti kegiatan sosial dan hari jadi Kospin Jasa. Untuk menjaga agar hubungan yang dijalin dengan media dapat tetap harmonis, Humas senantiasa memahami dan melayani media sebagai rekan kerja yang bertugas untuk mencari informasi atau berita yang dibutuhkan. Humas menjadi orang yang dapat dipercaya dengan memberikan informasi secara apa adaya kepada awak media. Humas senantiasa berupaya untuk memberikan fasilitas kepada awak media seperti, tempat khusus untuk peliputan dan fasilitas verifikasi. Humas juga menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan media seperti: konfrensi pers, wawancara, taklimat pers, resepsi pers dan press gathering, serta kegiatan-kegiatan non formal guna mempererat tali silaturahmi. Humas tidak pernah membeda-bedakan media, selain itu hubungan secara personal juga terus dijalin oleh Humas Kospin Jasa dengan baik. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa humas Kospin Jasa melakukan perannya dalam menjalin media relations dengan baik. Selama ini tidak ada komplain baik dari Humas maupun media, atau hambatan-hambatan yang terjadi dalam proses media relations yang dijalin oleh Humas Kospin Jasa. Humas senantiasa berusaha memberikan yang terbaik untuk media, begitu juga sebaliknya dengan media, karena media dan Humas adalah dua profesi yang saling membutuhkan, serta menginginkan keuntungan yang bersifat timbal balik.. Dengan menjalin media relations yang baik maka akan membantu Humas dalan mewujudkan tujuan dan citra positif perusahaan di mata publiknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
ID Code: | 14207 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 11 Jun 2010 14:48 |
Last Modified: | 11 Jun 2010 14:48 |
Repository Staff Only: item control page