Aktivitas Media Relations PT. Pertamina (Persero) Pemasaran BBM Retail Region IV Wilayah Jawa Tengah dan DIY Dalam Menghadapi Krisis Konversi Minyak Tanah ke LPG

Hidayah, Lutfiatun (2010) Aktivitas Media Relations PT. Pertamina (Persero) Pemasaran BBM Retail Region IV Wilayah Jawa Tengah dan DIY Dalam Menghadapi Krisis Konversi Minyak Tanah ke LPG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
58Kb

Abstract

Media Relations adalah aktivitas komunikasi Public Relations untuk menjalin hubungan baik dengan media massa dalam rangka pencapaian pengertian, serta dukungan dalam bentuk publisitas perusahaan yang maksimal dan berimbang. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah mendeskripsikan pelaksanaan aktivitas Media Relations Eksternal Relations (humas) PT. Pertamina (persero) Pemasaran BBM Retail Region IV Wilayah JATENG dan DIY dalam menghadapi krisis selama konversi minyak tanah ke LPG 2007 hingga 2010. Peneliti berusaha mengetahui aktivitas media relations yang diterapkan PT. Pertamina (persero) Pemasaran BBM Retail Region IV Wilayah JATENG dan DIY dalam menghadapi krisis konversi minyak tanah ke LPG dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, di mana dalam mencari sumber data, peneliti menggunakan interview guide dengan narasumber sebagai data primer, sedangkan data sekunder menggunakan data-data dari literatur, internet, serta surat kabar, dan data lainnya. PT. Pertamina (persero) Pemasaran BBM Retail Region IV Wilayah JATENG dan DIY yang awalnya hanya menjalankan tugas dalam penyediaan tabung gas tiga kilogram ternyata juga menjalankan tugas dari pemerintah untuk menarik pasokan minyak tanah di wilayah Jawa Bagian Tengah. Akibatnya kontra muncul di wilayah Jawa Tengah dan DIY dengan masalah beragam yang berimbas krisis untuk PT. Pertamina (persero) Pemasaran BBM Retail Region IV Wilayah JATENG dan DIY.Aktivitas Media Relations dilakukan oleh PT. Pertamina (persero) Pemasaran BBM Retail Region IV Wilayah JATENG dan DIY sebagai upaya dalam mengahadapi krisis konversi minyak tanah ke LPG. Kesimpulannya, aktivitas Media Relations yang dilakukan PT. Pertamina (persero) Pemasaran BBM Retail Region IV Wilayah JATENG dan DIY dalam menghadapi krisis konversi minyak tanah ke LPG adalah dalam bentuk siaran pers, konferensi pers, media gathering, perjalanan pers/media tour, Media Visit, special event, wawancara khusus dan menjadi narasumber media. Beberapa aktifitas dilakukan dengan media kit dan cyber Public Relations.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:14201
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:11 Jun 2010 14:27
Last Modified:11 Jun 2010 14:27

Repository Staff Only: item control page