Aktivitas Community Relations BKKBN Provinsi Jawa Tengah Dalam Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Melalui Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS)

Dian, Febriani (2010) Aktivitas Community Relations BKKBN Provinsi Jawa Tengah Dalam Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Melalui Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
93Kb

Abstract

BKKBN merupakan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Tengah merupakan lembaga pemerintah yang memiliki tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk (angka kelahiran) dan kesejahteraan keluarga di Jawa Tengah melalui program KB-nya. Salah satu program KB BKKBN adalah Pemberdayaan Ekonomi Keluarga yaitu melalui kelompok UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga Pra Sejahtera dan Sejahtera I yang tidak lain menjadi komunitas dari BKKBN Provinsi Jawa Tengah. Aktivitas community relations ini dapat berjalan dengan baik jika ada peran serta dan dukungan dari semua pihak, baik Dinas terkait dan masyarakat luas. Bagaimana pelaksanaan aktivitas community relations BKKBN Provinsi Jawa Tengah dalam pemberdayaan ekonomi keluarga melalui kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS)?. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan aktivitas community relations BKKBN Jawa Tengah dalam pemberdayaan ekonomi keluarga melalui Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). Peneliti menggunakan interview guide guna mendapatkan informasi dengan bertanya langsung kepada responden yaitu pihak-pihak yang berkompeten di bidang UPPKS. Pihak-pihak yang dijadikan Narasumber dalam penelitian ini antara lain Kepala Seksi Advokasi dan KIE BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Kepala Seksi Pemberdayaan Ekonomi Keluarga BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Beberapa anggota atau kader UPPKS Kota Semarang. Hasil wawancara dengan narasumber ditemukan bahwa pelaksanaan aktivitas community relations BKKBN melalui kelompok UPPKS memiliki empat tahapan yang saling berkaitan yaitu : persiapan, pelaksanaan, pembinaan dan ukuran keberhasilan. Kinerja bagian Humas (Advokasi dan KIE) sudah maksimal dalam membantu pelaksanaan program community relations tersebut antara lain segi sosialisasi dan publikasi. Hasil-hasil temuan penelitian dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif. Saran yang dapat diajukan peneliti berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan adalah BKKBN Provinsi Jawa Tengah perlu bekerjasama dengan pihak swasta dalam segi permodalan kelompok UPPKS, agar modal yang diberikan dapat tepat guna. Selain dalam segi permodalan yang juga perlu ditingkatkan adalah segi pemasaran produk sehingga produk kelompok UPPKS binaan BKKBN dapat bersaing dengan produk lain di pasaran. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah keseluruhan tahapan dalam aktivitas community relations ini sudah berjalan dengan baik, dilihat dari makin banyaknya kader UPPKS yang ikut melaksanakan program BKKBN yaitu program KB.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:14197
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:11 Jun 2010 14:15
Last Modified:11 Jun 2010 14:15

Repository Staff Only: item control page