Aryco, Eric (2009) Aktivitas Humas Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah Dalam Sosialisasi Pemilu 2009. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF 12Kb |
Abstract
Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah merupakan lembaga yang bertugas menyelenggarakan Pemilu dan memfasilitasi penyelenggaraan hingga pengumuman hasil penghitungan suara di Jawa Tengah. Dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah mempunyai kewajiban menyampaikan informasi kepada masyarakat khususnya masyarakat Jawa Tengah yang berkenaan dengan hak dan kewajiban maupun tujuan dilaksanakannya Pemilihan Umum 2009. Untuk Pemilihan Umum 2009, pelaksanaannya sepenuhnya merupakan tanggung jawab Komisi Pemilihan Umum Pusat dan dikoordinasikan kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah yang bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, menetapkan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan pemilihan umum baik di kabupaten maupun kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Aktivitas kegiatan sosialisasi merupakan kegiatan yang sangat penting mengingat adanya perubahan tata cara pemilihannya. Dari uraian tersebut, peneliti memiliki tujuan yaitu mendeskripsikan bagaimana Aktivitas yang dilakukan Hupmas Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah dalam mensosialisasikan pemilihan yang baru Pemilu 2009. Tipe Penelitian yang digunakan adalah deskriptif, data primer diperoleh langsung melalui narasumber yaitu Anggota Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah, dan Kasubbag Humas Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah melalui interview guide.. Berdasarkan temuan penelitian, Hupmas Komisi Pemilihan Umum Jateng berperan sebagai corong untuk menyebarluaskan kebijakan – kebijakan, tahapan, tata cara Pemilu 2009 kepada masyarakat. Dalam penyampaian pesan sosialisasi dengan melibatkan Penyelenggara Pemilu dan seluruh elemen masyarakat di Jateng. Humas Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah melakukan aktivitas sosialisasi melalui aktivitas / kegiatan berupa media relations (bekerja sama dengan pihak media / pers untuk menyebarluaskan informasi yang berkaitan dengan Pemilu 2009), publikasi (menyebarluaskan sosialisasi pemilu melalui media luar ruang) dan community relations (dengan mengajak seluruh komponen masyarakat seperti Ormas, LSM, Parpol, Instansi Pemerintah dll untuk turut bekerjasama mensosialisasikan Pemilu 2009 kepada khalayak masyarakat). Dalam aktivitas sosialisasinya Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah menyampaikan sosialisasi menggunakan beberapa media baik lokal dan nasional untuk menyampaikan segala informasinya yaitu melalui media elektronik (radio dan televisi), media cetak, media luar ruang, dan juga Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah melakukan komunikasi secara langsung dengan cara tatap muka / terjun langsung melalui kegiatan seperti seminar, diskusi, simulasi pemilu kepada masyarakat untuk penyampaian sosialisasi Pemilu 2009. Agar masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan akurat mengenai pelaksanaan Pemilu, mekanisme kegiatan dan tahapan penyelenggaraan Pemilu 2009.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
ID Code: | 14193 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 11 Jun 2010 14:02 |
Last Modified: | 11 Jun 2010 14:02 |
Repository Staff Only: item control page