Strategi Sosialisasi Public Relations Paguyuban Batik Bokor Kencono Dalam Rangka Meningkatkan Kecintaan Masyarakat Akan Batik Jawa Tengah.

Wijaya, Wahyu (2009) Strategi Sosialisasi Public Relations Paguyuban Batik Bokor Kencono Dalam Rangka Meningkatkan Kecintaan Masyarakat Akan Batik Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
67Kb

Abstract

Penelitian untuk Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui strategi sosialisasi Paguyuban Bokor Kencono dalam meningkatkan kecintaan masyarakat akan batik Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, sedangkan interview guide digunakan sebagai alat pengumpul data. Paguyuban Bokor Kencono adalah sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan batik Jawa Tengah. Sosialisasi batik yang dilakukan oleh praktisi Humas Paguyuban Bokor Kencono melalui kegiatan komunikasinya bertujuan agar batik lebih dikenal dan bisa lebih dihargai oleh masyarakat umum serta khususnya masyarakat Jawa Tengah. Produktivitas batik Jawa Tengah yang menurun dari tahun ke tahun membuat Paguyuban Bokor Kencono merasa perlu untuk melakukan sosialisasi untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap batik. Strategi sosialisasi yang dilakukan oleh Paguyuban Bokor Kencono adalah dengan melakukan berbagai kegiatan komunikasi kepada khalayaknya. Dalam melakukan proses strategi sosialisasi tersebut, melalui beberapa tahapan, yaitu; Perencanaan, Pengorganisasian, Pengkomunikasian, Pengawasan, serta Penilaian. Adapun kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh Paguyuban Bokor Kencono antara lain melakukan Pameran batik Jawa Tengah, Seminar, Melakukan penggalian motif, Kunjungan ke para perajin, Batik goes to campus, Pelatihan batik, serta Penggunaan Media. Dalam melakukan sosialisasi, saluran komunikasi yang sering digunakan adalah saluran komunikasi tatap muka karena dirasa paling sesuai untuk proses penyampaian pesan dari dan untuk publik. Agenda kegiatan Humas Paguyuban Bokor Kencono yang semakin bertambah dari tahun ke tahun membuktikan bahwa kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Paguyuban Bokor Kencono lebih sering dilakukan, hal ini karena humas Paguyuban Bokor Kencono telah dapat menemukan celah menggunakan strategi sosialisasi. Keberhasilan strategi sosialisasi yang dilakukan oleh Humas Paguyuban Bokor Kencono dapat dilihat dari evaluasi kegiatan yang telah dilakukan apakah sudah sesuai harapan atau belum.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:14188
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:11 Jun 2010 13:45
Last Modified:11 Jun 2010 13:46

Repository Staff Only: item control page