PERBEDAAN PENGETAHUAN DAN SIKAP GIZI/KESEHATAN ANAKS EKOLAH DASAR YANG MENDAPAT DAN TIDAK MENDAPAT MODUL PENYULUHAN DI DESA KANDANGAN KECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG

SUSANTO, ANDI (2000) PERBEDAAN PENGETAHUAN DAN SIKAP GIZI/KESEHATAN ANAKS EKOLAH DASAR YANG MENDAPAT DAN TIDAK MENDAPAT MODUL PENYULUHAN DI DESA KANDANGAN KECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian Quasi experimental, dengan menggunakan preteset posttest control groups design. Penelitian dilakukan pada 2 SD yaitu SDN Kandangan III sebagai kelompok perlakuan dan SDN Kandangan II sebagai kelompok kontrol. Sampel penelitian ini adalah siswa SD kelas 5 dan 6 yang terdiri dari 43 responden kelompok perlakuan dan 42 responden kelompok kontrol. Objek penelitian adalah modul penyuluhan gizi dan kesehatan anak SD. Pengukuran pengetahuan dan sikap responden menggunakan kuesioner dengan cara metode angket. Analisis hasil penelitian menggunakan Ttest dengan bantuan program komputer SPSS. Hasil penelitian menunjukkan , nilai rata-rata pengetahuan kelompok perlakuan pada awal penelitian 61,86 dan pada akhir penelitian menjadi 74,97. sedangkan pada kelompok kontrol nilai rata-rata pengetahuan awal 59,52 dan nilai akhir 61,90. sikap responden kelompok perlakuan diperoleh nilai rata-rata awal 90,30 dan pada akhir penelitian menjadi 96,37. nilai sikap rata-rata sikap kelompok kontrol di awal penelitian sebesr 87,5 pada akhir penelitian menjadi 93,19. kesimpulan penelitian ini yakni terdapat peningkatan nilai rata-rata pengetahuan gizi dan kesehatan kelompok perlakuan sebelum dan sesudah perlalkuan dantidak terdapat peningkatan pada kelompok kontrol. Ada perbedaan pengetahuan gizi dan kesehatan antara siswa SD yang mendapat (kelompok perlakuan ) dan tidak mendapat modul penyuluhan (kelompok kontrol). Terdapat peningkatan nilai rata-rata sikap gizi/ kesehatan pada kelompok perlakuan dan kontrol tidak terdapat peningkatan. Tidak terdapat perbedaan sikap gizi dan kesehatan antara anak SD yang m endapat dan tidak mendapat modul penyuluhan. Penyuluhan gizi dan kesehatan perlu dilakukan secara rutin oleh pihak sekolah. Perlu diadakan pelatihan penyuluhan untuk guru, penyeberluasan modul penyuluhan gizi dan kesehatan anak SD. Kata Kunci: PENGETAHUTAN SIKAP MODUL PENYULUHAN

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:14187
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Jun 2010 13:47
Last Modified:11 Jun 2010 13:47

Repository Staff Only: item control page