Gradiyanto, Muhammad (2009) Pengelolaan Media Online Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang oleh Divisi Humas. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF 66Kb |
Abstract
Publik eksternal adalah pihak yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Membina hubungan yang baik serta membangun citra yang positif di mata mereka merupakan tujuan utama Humas di semua perusahaan di seluruh dunia. Dalam mencapai tujuan tersebut, perusahaan tentunya memerlukan suatu saluran penghubung atau mediator antara perusahaan dengan publik eksternalnya Media menjadi pilihan bagi perusahaan untuk mencapai tujuannya yaitu membina hubungan yang baik dan membangun citra positif di mata publik eksternalnya. Karena media merupakan alat utama untuk menyampaikan informasi dan berita mengenai perusahaan. Humas ada karena perkembangan jaman, oleh karena itu harus bisa terus berkembang mengikuti arus jaman. Bukan hanya pekerjaan dibelakang meja, tetapi mereka juga harus menciptakan suatu alternatif untuk mereka bisa berkomunikasi yang baik dan menciptakan saling pengertian dengan publiknya. Internet dipandang sebagai media yang lebih sesuai sebagai sarana Humas jika dibandingkan dengan iklan. Media online adalah suatu bentuk media komunikasi kepada khalayak / publik baik internal maupun eksternal yang memanfaatkan dan terhubung kepada jaringan internet dan selalu aktif ( online ). Melalui media online, hubungan yang bersifat one-toone dapat dibangun dalam tempo yang cepat karena sifat internet yang interaktif. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan keadaan lapangan secara luas dan umum dengan berusaha melukiskan situasi sosial dan peristiwa yang terjadi. ( Rosady Ruslan, 2004:253 ). Penelitian ini disusun untuk mendeskripsikan kegiatan pengelolaan media online Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Untuk mendukung penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dari 3 orang karyawan RSI Sultan Agung Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam serta dokumentasi. Pengelolaan atau manajemen merupakan suatu bentuk proses yang khas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Perencanaan meliputi menentukan latar belakang, tujuan dan menentukan target sasaran dari penyampaian informasi, yaitu untuk menyampaikan segala bentuk kegiatan, kebijakan RSI Sultan Agung Semarang kepada stakeholder internal dan eksternal. Proses pelaksanaan, meliputi bentuk koordinasi secara langsung dengan divisi-divisi terkait dalam pembuatan informasi, penulisan naskah oleh Humas bagian Media, pengecekan ulang serta proses posting informasi ke media online. Proses pengawasan dilakukan secara Kuantitatif dengan melihat jumlah pengunjung website dan blog, dan kualitatif dengan melihat berapa banyak saran, pertanyaan, dan konsultasi dokter yang disampaikan khalayak melalui media online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
ID Code: | 14168 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 11 Jun 2010 12:59 |
Last Modified: | 11 Jun 2010 12:59 |
Repository Staff Only: item control page