BEBERAPA FAKTOR YANG BEHUBUNGAN DENGAN PERILAKU (PENGETAHUAN, SIKAP PRAKTEK)MASYARAKAT DALAM MENGELOLA LIMBAH DOMESTIK DI WILAYAH DAS GARANG SEMARANG

WIDIASTUTI, FARIDA (1999) BEBERAPA FAKTOR YANG BEHUBUNGAN DENGAN PERILAKU (PENGETAHUAN, SIKAP PRAKTEK)MASYARAKAT DALAM MENGELOLA LIMBAH DOMESTIK DI WILAYAH DAS GARANG SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
28Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa faktor yang berhubungan dengan perilaku (pengetahuan,sikap,praktek) kepala keluarga dalam mengelola limbah domesik di kelurahan Ngemplak Simongan sebagai salah satu DAS Kaligarang Semarang Cara penelitian yang dilakukan menggunakan rancangan Cross Sectional dengan jenis penelitian ekplanatory yang merupakan gabungan dari penelitian kuantitatif dan kualitatif. Sampel terdiri dari 78 KK tinggal di lokasi penelitian minimal 1 tahuun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan pedoman wawancara mendalam. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis bivariat, adapun uji statistik dilakukan dengan uji korelasi Rank Spearman. Sedangkan analisis data kualitatif dengan metode “analisis isi” dengan langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengetahuan,sikap dan praktek KK dalam mengelola limbah domestik tergolong cukup baik. Uji hipotesis hubungan antara variabel pengetahuan,sikap dan praktek responden dalam mengelola limbah komestik menunjukkan hasil yang sangat bermakna. Hal ini terlihat dari hubungan antara pengetahuan dengan sikap yang menghasilkan r hitung sebesar 0,650 dan p=0,0000, antara pengetahuan dengan praktek menghasilkan r=0,780; p=0,000. Terdapat hubungan yang cukup erat antara ketersediaan sarana dengan pratek responden mengelola limbah domestiknya. Hal ini terlihat dari hsil uji hipotesis antar kedua variabel tersebut yang menunjukkan r-0,778 dan p=0,000. Uji variabel terhadap beberapa variabel yang tenyata ada yang tidak menghasilkan korelasi yang tidak bermakna yaitu tidak ada hubungan antara umur responden dengan praktek responden dalam mengelola limbah domestik, diketahui dari nilai r=0,141 dan p=0,220 (p<0,05). Mengingat pentingnya sungai kaligarang dalam tata ruang di Kodya Semarang da nmasih banyaknya masyarakat yang membuang sampah disungai maka disarankan bagi pemerinah daerah setempat atau pihak kelurahan agar mengusahakan sarana tempat pembuangan sampah sementara, khususnya di RW VII yang berlokasi paling dekat dengan sungai kaligarang dan masyarakat disini masih membuang sampah didekat atau pinggir sungai. Kata Kunci: LIMBAH DOMESTIK, PERILAKU (PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTEK)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:14144
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:11 Jun 2010 13:24
Last Modified:11 Jun 2010 13:24

Repository Staff Only: item control page