HUBUNGAN ANTRA KARAKTERISTIK IBU DAN PEMBINAAN PETUGAS DENGAN PARTISIPASI IBU DALAM DISTRIBUSI KAPSUL WITAMIN A DOSIS TINGGI (STUDI DI DESA AMPEL SARI KECAMATN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN)

LU'AYIN, MOCHAMMAD (2001) HUBUNGAN ANTRA KARAKTERISTIK IBU DAN PEMBINAAN PETUGAS DENGAN PARTISIPASI IBU DALAM DISTRIBUSI KAPSUL WITAMIN A DOSIS TINGGI (STUDI DI DESA AMPEL SARI KECAMATN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Keberhasilan program distribusi kapsul vitamin A dosis tinggi pada prinsipnya bersumber pada peran serta aktif masyarakat sehingga semua anak yang berumur 1-5 tahun mendapt satu kapsul vitamin A dosis tinggi setiap 6 bulan sekali. Banyak faktor yang berhubungan dengan partisipasi ibu balita pada kegiatan tersebut, antara lain karakteristik ibu sendiri serta faktor petugas yaitu peran kader, petugas kesehatan dan tokoh masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara karakteristik ibu serta pembinaan petugas dengan partisipasi ibu dalam distribusi kapsul vitamin A dosis tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan. Metode penelitian yang digunkan dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah ibu balita di Ampelsari dengan jumlah sample 80 responden. Analisis data memakai program SPSS dengan uji korelasi koefisien kontingensi (X<sup>2</sup>) dan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidian ibu pada umunya tamt SD (51,3%) serta memiliki pengetahuan tentang vitamin A “baik” (72,5%) sebagain ibu bekerja (87,5%). Sedangkan keterlibatan ibu dalam organisasi masyarakat rendah (75%). Terdapat hubungan yang positif yang bermakna antar pembinaan kader, petugas kesehatan dan tokoh masyarakat terhadap partisipasi ibu dalam kegiatan distribusi kapsul vitamin A. tidak terdapat hubungan yang bermakna antar variabel pendidikAn pengetahuan tentang vitamin A, pekerjaan dan keterlibatan dalam organisasi masyarakat dengan partisipasi ibu dalam kistribusi kapsul vitamin A. Perlu peningkatan pembinaan oleh kader petugas kesehatan dan tokoh masyarakat guna lebih meningkatkan cakupan distribusi kapsul vitamin A dosis tinggi. Kata Kunci: PARTISIPASI, VITAMIN A, KARAKTERISTIK IBU, PEMBINAAN PETUGAS

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:14116
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:11 Jun 2010 11:10
Last Modified:11 Jun 2010 11:10

Repository Staff Only: item control page